Hadapi Musim Kemarau, Ini Persiapan BPBD Kabupaten Malang

Waduk Dempok di Desa Gampingan, Kecamatan Pagak mengalami kekeringan tahun lalu (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Malang telah bersiap menghadapi musim kemarau.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan jika untuk sementara ini pihaknya masih mengacu pada pemetaan tahun-tahun lalu terkait wilayah yang rawan terdampak kekeringan.

“Kita tetap mengacu pada tahun lalu. Tapi nanti kan kita pasti turun ke lapangan, dari pengalaman tahun lalu kita deteksi, nanti kan pasti bisa ada peta baru. Artinya kan pemetaan terkait kebutuhan air tambahan,” ujar Bambang, Rabu (8/7/2020).

Mantan Camat Sumbermanjing Wetan ini menambahkan, pihaknya sudah menyiagakan beberapa unit truk tangki bilamana dibutuhkan untuk dropping air bersih di wilayah-wilayah terdampak kekeringan.

“Selain dari BPBD kan ada dari PDAM, ada dari Cipta Karya, PMI, itu kan selalu standby mobil tangki. Kalau perlu digerakkan, kita gerakkan untuk menangani sementara kita lakukan dropping. Tapi ini kan rupanya masih belum. Walaupun kita tidak bisa prediksi kapan,” tutur Bambang.

Lebih jauh, Bambang menyebutkan, Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 dengan bencana lainnya dipastikan ditangani secara maksimal, meskipun bersamaan.

“Setiap musim kemarau kan pasti ada hal yang harus kita lakukan dari BPBD,” Bambang mengakhiri. (mid/yog)