Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Dirotasi

Foto: Upacara Sertijab Komandan Pangkalan Udara TNI Abd Saleh, Selasa, 8/9/2020. (Ist)

BACAMALANG.COM – Komandan Pangkalan Udara TNI (Danlanud) Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat resmi mengakhiri masa jabatan pada Selasa, 8/9/2020. Kini jabatan Danlanud Abd Saleh diisi oleh Marsma TNI Wayan Superman.
Upacara Sertijab yang digelar di Gedung Cakrawala Lanud Abdulrachman Saleh itu pimpin langsung oleh Panglima Koopsau (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, S.IP.

Meski upacara Sertijab dilaksanakan ditengah masa pandemi Covid-19, namun pelaksanaan upacara tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 yaitu diadakan di dalam ruangan. Selain itu juga meminimalisir personel dan susunan acaranya serta waktunya lebih singkat.

Tercatat sekitar 100 personel baik pejabat, perwakilan anggota maupun petugas di dalam ruangan. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, diawali pembacaan Surat Keputusan Panglima TNI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia dan pengambilan sumpah.

Dalam acara itu dilaksanakan prosesi penanggalan tanda pangkat, tanda jabatan dan penerimaan tongkat komando dari pejabat lama oleh inspektur upacara untuk disematkan kepada pejabat baru, penandatanganan Berita Acara Sertijab, laporan resmi, penghormatan pasukan, serta foto bersama.

Marsma TNI Hesly Paat sebagai pejabat Komandan Lanud Abdulrachman Saleh yang lama menyampaikan, bahwa selama satu tahun ditambah tujuh bulan menjabat di Lanud Abd Saleh, ia berupaya mengedepankan pelaksanaan operasional penerbangan dengan profesional guna meminimalisir terjadinya accident pesawat terbang.

“Hingga akhir tugas tidak ada accident atau zero accident”, katanya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian anggota Lanud Abdulrachman Saleh. Hesly Paat juga memohon maaf atas kekhilafan selama pelaksanaan tugas-tugasnya di Lanud Abd Saleh.

Marsma TNI Hesly Paat, merupakan Alumni AAU tahun 1989, dalam awal kariernya sebagai perwira TNI AU merupakan penerbang pesawat Cassa C 212 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh. Selanjutnya Marsma TNI Hesly Paat, akan mengemban amanah baru sebagai Kepala Staf (Kas) Koopsau III di Biak Papua.

Sementara itu, Marsma TNI Wayan Superman sebagai pejabat Komandan Lanud Abdulrachman Saleh yang baru menyampaikan, bahwa dirinya merupakan orang lama di lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh. Sebelumnya Wayan pernah berkarier sebagai perwira penerbang pesawat Hercules di Skadron Udara 32.

Namun demikian telah terjadi perkembangan selama beberapa tahun setelah ditinggalkannya, sehingga perlu update pengetahuan agar mampu melaksanakan tugasnya. Disampaikannya salah satu program kerjanya ke depan untuk zero accident dalam operasional penerbangan di Lanud Abdulrachman Saleh.

Marsma TNI Wayan Superman merupakan alumni AAU tahun 1992 yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasau. Dalam kariernya tercatat sebagai penerbang pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh.

Pada kesempatan yang sama, Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP., menyampaikan atas kesan mendalamnya terhadap Lanud Abdulrachman Saleh yang selama ini terus berupaya membudayakan zero accident dalam pelaksanaan terbang dan kerjanya.

Turut hadir antara lain Inspektur Koopsau II Kolonel Tek Sardar Gaffar, Asops Koopsau II Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, Danwing 2 Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara, Komandan Depohar 30 Kolonel Tek R.P Buulolo, Kadisops Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, Kadispers Kolonel Pnb Dedy Iskandar, Kadislog Letkol Tek Yani Prasetyo, para komandan di jajaran Lanud Abd Saleh, para pejabat List C Lanud Abdulrachman Saleh dan lainnya. (Lis/red)