Kenalan Sama Selin, Milenial Cantik yang Pilih Jadi Petani

Kamila Roselin saat berada di kebun miliknya (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Memutuskan pilihan untuk menjadi petani di usia muda mungkin masih merupakan hal tabu sekarang ini. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Kamila Roselin.

Selin — begitu ia akrab disapa — tidak sungkan untuk bergelut dalam dunia pertanian yang identik dengan kerja keras dan kotor. Namun, Selin mengenyampingkan semua itu.

Di usianya yang masih sangat muda, 22 tahun, Selin sudah mampu mengelola sebuah kebun dan menghasilkan jutaan rupiah per bulan.

Wanita berparas cantik ini memiliki sebuah kebun disamping rel kereta api Desa Sono Tengah, Kecamatan Pakisaji. Pada lahan seluas kurang lebih 3.000 meter persegi, Selin memilih menanam labu siam.

Selin tidak berpendidikan tinggi. Wanita asli Desa Krebet Bululawang hanya lulusan Sekolah Menengah Atas. Namun, Selin memiliki ambisi yang kuat dalam dunia pertanian.

Selin kemudian bercerita tentang bagaimana dirinya mengenal dunia pertanian. Cerita ini dimulai sekitar tiga bulan lalu.

“Ini masih baru sih disini. Sebelumnya di rumah saja. Disini baru sekitar tiga bulan,” kata Selin, Minggu (8/11/2020).

Selin menunjukkan labu siam yang ditanam di kebunnya (Dhimas)

Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bululawang menambahkan, dalam merawat kebun tersebut dirinya dibantu dua orang. Selin memilih menanam labu siam lantaran keterbatasan modal.

“Ini kan dananya terbatas. Jadi cari yang murah aja,” tuturnya.

Meskipun hanya menanam labu siam, lanjut Selin, dirinya bisa mendapatkan Rp 5 juta per bulan. “Kalau untuk sebulan, kira-kira 5 juta,” tukasnya. (mid/yog)