Kabupaten Malang Dapat Jatah 10.556 Vaksin Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19 (ist)

BACAMALANG.COM – Kabupaten Malang mendapatkan jatah 10.556 vaksin Coronavirus disease 2019 alias Covid-19 dari pemerintah pusat.

Namun, vaksin Covid-19 belum mendarat di Bumi Kanjuruhan. Pendistribusian menunggu kesiapan para tenaga medis di daerah yang harus melewati pelatihan terlebih dahulu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, seluruh vaksin yang dipesan pemerintah pusat dari luar negeri masih diuji klinis di Universitas Padjajaran Bandung. Ada enam vaksin yang tengah diuji klinis. Antara lain Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, Covax/Gavi serta Novavax.

“Kabupaten malang kebagian yang mana saya juga belum tahu,” kata Arbani, Sabtu (9/1/2021).

Soal pelatihan tenaga medis, akan dilaksanakan pada 17 hingga 20 Januari. Ada 527 tenaga medis yang dilibatkan untuk pelatihan vaksinasi.

“Kapan akan didistribusikan belum tahu. Yang pasti setelah pelatihan,” terang mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Lawang.

Vaksin yang didapat Kabupaten Malang sendiri nanti akan didistribusikan lewat 52 fasilitas kesehatan. Rinciannya, 39 Pusat Kesehatan Masyarakat, 12 rumah sakit dan satu fasilitas kesehatan pelabuhan. (mid/yog)