Siasati Pandemi Covid-19, Begini Cara Kerja Dewan Saat Ini

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Malang tetap menjalankan tugasnya di tengah pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Berbagai cara dilakukan para wakil rakyat itu untuk memaksimalkan tugasnya. Tidak mesti ke kantor DPRD di Jalan Panji Kepanjen, para anggota dewan itu saat ini bertugas melakukan pengawasan di daerah pemilihan atau dapil masing-masing.

“Seluruh teman-teman DPRD saya tugaskan di dapil masing-masing. Melakukan pengawasan kinerja desa, kecamatan, Puskesmas, apa mereka sudah melaksanakan surat edaran Bupati,” kata Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, Kamis (9/4/2020).

Didik menambahkan, para anggota dewan juga harus menampung aspirasi masyarakat di dapil masing-masing.

“Masukkan dari masyarakat, mana yang harus disikapi. Seperti warga masyarakat sekarang sedang giat gotong royong. Bisa diberikan edukasi mengenai penyemprotan disinfektan, agar bisa efektif penggunaannya,” tutur mantan Kepala Desa Tunjungtirto Singosari ini.

Tidak lupa, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP ini juga mengintruksikan kepada para anggota legislatif untuk memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga pola hidup sehat.

“Target kita bagaimana membatasi, penyeberan mata rantai virus ini. Itu diantaranya bisa lewat cuci tangan. Kalau di kantor desa, mungkin bisa disediakan tempat cuci tangan. Ini kan tidak cukup sekali ini, ini kan untuk kegiatan lanjutan nanti. Langkah lainnya bisa menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Didik. (mid/yog)