3 Kecamatan Bertahan di Zona Merah, Ini Kata Pj Sekda Kabupaten Malang

Pj Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Masih ada 3 kecamatan di Kabupaten Malang yang perlu ditangani lebih serius agar segera keluar dari zona merah pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Ketiga kecamatan itu adalah Lawang, Singosari dan Karangploso. Penjabat Sekretaris Daerah atau Pj Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan 3 kecamatan itu masih bertahan dalam kategori zona merah.

“Banyak warga di 3 Kecamatan itu yang tidak disiplin,” kata Wahyu, Selasa (9/6/2020).

Wahyu menambahkan, faktor lain yang menyebabkan masih banyaknya kasus Covid-19 di 3 kecamatan itu lantaran mayoritas masyarakat tidak mematuhi aturan yang sudah di sosialisasikan selama ini.

“Mereka diberitau tidak menggubris, dan masih ditemukannya banyak kerumunan di sana,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya ini menuturkan, agar 3 kecamatan itu dapat segera menanggalkan status zona merah, Satgas New Normal Kabupaten Malang mewacanakan untuk menerapkan Pembatasan Sosiak Berskala Lokal atau PSBL. Namun, keputusan itu belum final.

“Dari hasil evaluasi tadi malam dan supaya tidak menyebar lagi. Kami akan fokuskan peraturan physical distancing di sana dengan menerapkan PSBL,” tandas Wahyu. (mid/yog)