BNN Kabupaten Malang Nilai Pandemi Jadi Celah Peredaran Narkoba

Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut PM Candra Hermawan SH saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 bisa menjadi peluang besar para pengedar narkoba untuk menjalankan aksinya. Hal inipun patut diwaspadai.

Setidaknya itu yang diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Malang, Letkol Laut PM Candra Hermawan SH, Rabu (9/9/2020).

“Selama kurun waktu ini, perkembangan peredaran narkoba disini cukup menurun. Meskipun menurun, kita tidak boleh lengah. Karena dalam situasi pandemi ini, para pengedar maupun bandar, memanfaatkan kelengahan petugas. Saat ini kan petugas juga terkonsentrasi Covid, sehingga mereka mencari celah,” kata Candra.

Pria yang sebelumnya menjabat Danpomal IX Ambon menambahkan, pil ekstasi dan sabu masih mendominasi peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Malang.

“Disini yang banyak adalah ekstasi dan sabu. Kalau pengguna itu bervariasi, ada yang dari tingkat pelajar sampai pekerja,” ucapnya.

Lebih jauh, Candra menjelaskan, peran serta seluruh elemen masyarakat untuk memberantas peredaran narkotika ini begitu vital. BNN Kabupaten Malang pun menggalakkan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau P4GN.

“Kita punya data-data daerah rawan. Dari BNN sendiri, kita menggiatkan P4GN. Kita sosialisasi ke desa-desa, menggugah aparat desa maupun masyarakat agar ikut berpartisipasi mencegah peredaran narkoba ini karena sangat-sangat merugikan negara dan anak bangsa,” Candra mengakhiri. (mid/yog)