FMPP Soroti Dewan Pendidikan, Ini Tanggapan Komisi IV

Ketua FMPP (frame kiri) saat hearing dengan Komisi IV DPRD dan Kepala Dindik Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terkait sorotan yang diberikan Front Masyarakat Peduli Pendidikan atau FMPP terhadap pembentukan Dewan Pendidikan Kabupaten Malang.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, M Saiful Effendi menyampaikan, panitia seleksi atau pansel pembentukan Dewan Pendidikan sudah bertemu dengan komisi yang membidangi pendidikan, kesehatan, dan keolahragaan itu.

“Kemarin ada beberapa pansel yang datang ke kantor. Kan ini sudah ditandatangani Bupati. Jadi kita sendiri untuk ke Dewan Pendidikan itu miskomunikasi. Pansel merapat ke komisi, sudah tidak apa-apa. Selama ini berjalan,” kata Saiful, Rabu (9/9/2020).

Mengenai penilaian FMPP yang menyebutkan pembentukan Dewan Pendidikan tidak transparan, Saiful menjelaskan, hal itu sudah dibantah oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

“Menurut Dinas Pendidikan, itu sudah sesuai prosedur,” terang politisi Partai Gerakan Indonesia Raya.

Sebelumnya, Ketua FMPP, Asep Suriaman menilai, pembentukan Dewan Pendidikan tidak sesuai aturan dan diduga berbau nepotisme. Asep pun berpandangan, pembentukan Dewan Pendidikan itu seakan sembunyi-sembunyi dan tidak profesional.

Atas kejanggalan yang dirasakan itu, FMPP kemudian mengadu kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Malang.

“Sebenarnya permasalahan ini, FMPP sudah berkirim surat kepada DPRD tertanggal 28 Juli, dan baru kemarin 7 September di fasilitasi Komisi IV DPRD Kabupaten Malang. Sayangnya tiga anggota pansel Dewan Pendidikan Kabupaten Malang yang di undang tidak hadir. Ya kecewa, insyaallah akan dijadwal ulang. Kami, hanya ingin mintai klarifikasi, kepada pansel, terkait proses rekrutmen Dewan Pendidikan,” kata Asep. (mid/yog)