Bahas Soal Air di Malang Raya, 3 Perumda Ini ‘Ngopi’ Bareng

Pertemuan tiga Perumda di Pakis (ist)

BACAMALANG.COM – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Perumda Tugu Tirta Kota Malang dan Perumda Among Tirto Kota Batu ‘ngopi’ bareng, Minggu (9/2/2020).

Dalam pertemuan tersebut, ketiga Perumda membahas mengenai pengelolaan air di wilayah Malang Raya. Pertengahan ini bertajuk ‘Obrolan Kampung, Menyoal Kebutuhan Air Warga Kampung’ dan digelar di Warung Sumber Gentong, Kecamatan Pakis.

“Diskusi ini menghadirkan tiga Direktur Perumda,” kata Presidium Dewan Kampung Nuswantara, Bambang GW.

Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas mengatakan bahwa pasca beberapa kali pipa pecah memang membawa dampak yang signifikan di masyarakat. Dia mengakui, masyarakat pasti sangat dirugikan dalam hal ini.

“Saya memahami setiap keluhan bahkan kemarahan warga terdampak atas musibah tersebut sehingga kami terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang terdampak,” ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Malang itu.

Terpisah, Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan jika pihaknya bakal terus membuat terobosan-terobosan agar bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepannya, kami akan menggunakan air permukaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Malang Selatan, tentunya menggunakan teknologi pengelolaan air,” tutur Syamsul.

Selanjutnya, Direktur Perumda Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedy mengungkapkan, pihaknya merasa cukup terbantu dengan banyaknya Hippam yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

“Di Kota Batu itu unik, satu rumah bisa memiliki empat meteran (alat ukur),” jelas Edi. (mid/yog)