Penuhi Kebutuhan Air di Malang Selatan, Ini Rencana Perumda Tirta Kanjuruhan

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Perumda Tirta Kanjuruhan berencana memanfaatkan keberadaan aliran Sungai Lesti untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Kabupaten Malang, khususnya bagian Selatan.

Menurut Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, bahwa air permukaan yang berasal dari Sungai Lesti bakal dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di enam kecamatan.

Enam kecamatan itu diantaranya, Sumbermanjing Wetan, Bantur, Gedangan, Donomulyo, Kalipare dan Pagak.

“Kami akan menggunakan sistem infrastruktur dengan cara pompa. Jika ini sudah berjalan, masyarakat di wilayah Malang Selatan tidak akan lagi kekurangan air bersih walaupun di musim kemarau,” kata Syamsul, Minggu (9/2/2020).

Tidak dipungkiri, selama ini wilayah Kabupaten Malang — khususnya Selatan — memang kerapkali kekurangan air bersih jika musim kemarau berkepanjangan datang. Terlebih lagi, wilayah Malang Selatan didominasi perbukitan batu kapur. Sumber mata air memang ada, namun jumlahnya tidak cukup banyak.

“Kami akan manfaatkan Sungai Lesti untuk mengatasi kekeringan di Malang Selatan yang setiap tahunnya terjadi saat kemarau panjang,” terang Syamsul.

Dijelaskannya lebih lanjut, Sungai Lesti memang berpotensi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Selatan. Menurut perhitungan Perumda Tirta Kanjuruhan, jika sudah dikelola dengan benar, Sungai Lesti bisa menghasilkan air bersih hingga mencapai 500 liter/detik.

Guna merealisasikan hal tersebut, belum lama ini Perumda Tirta Kanjuruhan telah melaksanakan studi replikasi pengelolaan air sungai ke PDAM Intan Banjar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Disana, Perumda Tirta Kanjuruhan mempelajari tentang instalasi pengolahan air atau IPA dengan memanfaatkan sumber air baku dari aliran sungai. (mid/yog)