Kepala Dispangtan Kota Malang Jajaki Sinergi Perumda Aneka Usaha dan Perusahaan Agribisnis

Foto: Sam Ade d'Kross (kiri) saat bernyanyi dalam sebuah acara. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna meningkatkan kinerja kedinasan dan memberikan manfaat kepada warga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian (Dispangtan) Kota Malang, Ir Ade Herawanto MT akan menjajaki sinergi dengan Perumda Aneka Usaha Kota Malang dan perusahaan agribisnis.

“Sebagai OPD pengampu pertanian perkotaan, maka akan lebih elok jika Dispangtan bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Kota Malang maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis menjadi sentra pengolahan dan pemasaran hasil bumi dari Kabupaten Malang dan juga Kota Batu,” urai Ir. Ade Herawanto MT, Selasa (9/2/2021).

Sekilas informasi, pasca resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian (Dispangtan) Kota Malang, Ir Ade Herawanto MT langsung merapatkan jajarannya.

Sam Ade sapaan akrabnya mengatakan, salah satu yang bisa dijajagi kolaborasi semisal menjalankan konsep Tani Mart yang diinisiasi Imawan Mashuri bersama petani dan perangkat desa di Kota Batu. Hingga program tanam porang yang digalakkan di Kabupaten Malang.

Petani Porang Antusias

Sementara itu salah satu petani Porang Kabupaten Malang, Edi Cahyono, menyambut antusias adanya penjajakan kolaborasi Dispangtan Kota Malang.

“Tahun ini masyarakat banyak yang tertarik menanam Porang. Selain perawatannya mudah, hasil penjualan panennya juga sangat menggiurkan, bila dibandingkan dengan tanaman sejenisnya macam tanaman umbi-umbian seperti kentang, ketela pohon maupun ketela rambat,” ujar Edi Cahyono.

Sebagai petani porang, pria domisili Pakis itu mampu menyediakan bibit dalam jumlah besar dan siap menampung hasil panen, baik umbi basah maupun kering juga dalam jumlah besar.

Dalam briefing, Ade juga ‘menantang’ seluruh jajaran pegawai di sana untuk mencurahkan ide-ide segar dan brilian dalam lomba inovasi internal Dispangtan berhadiah uang tunai yang langsung mendapat applaus dari seluruh pegawai, mulai dari jajaran struktural, staf hingga TPOK di sana. (*/had)