Ratusan Siswa SMA Negeri/Swasta Ikuti KSN se-Kabupaten Malang di SMA Islam Kepanjen 

Foto : Ratusan siswa SMA Negeri dan Swasta ikuti KSN se-Kabupaten Malang. (Hum)

BACAMALANG.COM – Ratusan siswa-siswi SMA negeri/swasta mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar di SMA Islam Kepanjen. Nantinya akan dipilih yang terbaik untuk mewakili kabupaten Malang ke tingkat provinsi.

Musoli Haris, Ketua Panitia KSN menjelaskan, dalam event ini terjadi  perubahan dari Olimpiade sains Nasional (OSN) menjadi Kompetisi Sains Nasional  (KSN). “Pada prinsipnya hampir sama, lebih mengarah ke  persaingan sesuai bidang dan bakat peserta didik,” kata dia, Selasa (10/3/2020).

Tujuan KSN ini, pertama yakni memfasilitasi anak – anak yang mempunyai  talenta lebih di bidang ilmu pengetahuan, khususnya sembilan mata pelajaran antara lain Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Kebhumian, Astronomi dan Komputer. 

Selain itu mencari bibit peserta didik yang bisa berprestasi mulai jenjang Kabupaten Malang, Provinsi, Nasional dan Internasional  .

ist

Hasil seleksi ini bisa menghasilkan generasi muda unggul di kabupaten Malang, dalam KSN ini diikuti semua SMA negeri/swasta, Madrasah Aliyah (MA), dimana total keseluruhan peserta  KSN 950 dari 57 lembaga pendidikan. 

“Saya berharap KSN ini menghasilkan bibit – bibit yang terbaik dan generasi unggul  dari Kabupaten Malang,” ujar Haris ketua panitia kompetisi sains nasional SMA Kabupaten Malang .

Beberapa lomba untuk juara 1 diborong SMAN 1 Kepanjen untuk Mata pelajaran  matematika, juara 1 oleh Ferisma Cahyaningrum, juara 1 Komputer oleh Farhan Egan Pramana, juara 1 Astronomi oleh Awang Shandy Chandra Dewi, juara 1 Ekonomi oleh Sausan Salsabila Putri dan juara 1 Geografi oleh Devano Ramadhanto. Kelima siswa ini berasal dari SMAN 1 Kepanjen .

Untuk juara 1 Fisika diraih oleh siswa asal SMAN 1 Singosari atas nama Arisanti Awalia Rahman, juara 1 Kimia diraih Syifa Azmi Larasati dari SMA AR Rohmah Putri ‘Boarding School Dau’, juara 1 Biologi dirai SMA Swasta  AR Rohmah atas nama Muhammad  Faris Khiar Calosa dan juara 1 Kebhumian diraih oleh siswa asal SMAN 1 Lawang atas nama Luna Kartika Jayanti. (yon)