Joss! TPA Talangagung Masuk 15 Finalis KIPP Kemenpan RB

Bupati Malang, HM Sanusi saat mempresentasikan inovasi TPA Talangagung kepada tim panelis KIPP Kemenpan RB lewat video conference (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Tempat Pemrosesan Akhir atau TPA Sampah Wisata Edukasi Talangagung Kepanjen masuk dalam 15 finalis kelompok khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik alias KIPP tahun 2020.

KIPP ini sendiri merupakan hajatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB.

Hari ini, Bupati Malang, HM Sanusi berkesempatan untuk mempresentasikan inovasi-inovasi yang ada di TPA Talangagung kepada tim panelis KIPP Kemenpan RB.

“TPA Talangagung ini menjadi role model untuk TPA di Indonesia,” kata Sanusi, ditemui usai presentasi melalui video conference dengan tim panelis KIPP di TPA Talangagung, Jumat (10/7/2020).

Ditambahkan Sanusi, selama ini mayoritas masyarakat tidak menyukai TPA, namun hal ini berbeda dengan TPA Talangagung. Menurut Sanusi, TPA Talangagung memiliki konsep yang lebih mengedepankan manfaat untuk masyarakat.

“Dimana-mana TPA ini tidak di senangi masyarakat, ini ada TPA yang menggunakan sistem pengelolaan landfill. Lalu gas metannya diambil untuk bisa dimanfaatkan oleh warga,” terangnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP itu menyebutkan, dengan adanya pemanfaatan gas metan dari TPA Talangagung, masyarakat dapat berhemat.

“Ada 250 KK (kepala keluarga, red) itu sudah tidak memakai elpiji. Kalau mereka gunakan itu (gas metan, red) bisa hemat,” Sanusi mengakhiri. (mid/yog)