Kejam! Lutung Jawa Ditemukan Mati Tinggal Kepala dan Kulit

Unggahan akun Facebook ProFauna Indonesia terkait kematian Lutung Jawa di Dau (ist)

BACAMALANG.COM – Seekor Lutung Jawa atau Trachypithecus auratus ditemukan tak bernyawa hanya menyisakan kepala dan kulit di hutan lindung Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Lebih kejam, Lutung yang mati karena ulah pemburu ini kepalanya ditancapkan di sebuah pohon. Lagi, hanya kulit yang menempel dengan kepala, tanpa menyisakan daging sama sekali.

Aksi kebiadaban pemburu ini pertama kali diketahui dari unggahan akun media sosial Facebook kelompok aktivis lingkungan hidup dan perlindungan satwa, ProFauna Indonesia.

Dengan tegas, Pendiri ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengecam peristiwa tersebut.

“Kami duga ini dibunuh. Di kuliti tidak ada dagingnya sama sekali, jeroan semua hilang cuma menyisahkan kepala saja. Kami anggap ini sebagai perbuatan biadab,” ucap Rosek, Senin (10/8/2020).

Ditambahkan Rosek, ProFauna Indonesia tengah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk memburu pelaku yang mengakibatkan Lutung malang tersebut kehilangan nyawa.

“Kami ingin memberikan efek jerah ke pelaku biadab itu. Kami sudah minta bantuan ke penegak hukum dan semoga segera tertangkap,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi hayati disebutkan, barang siapa yang dengan sengaja melakukan perburuan hewan langka dilindungi bakal diancam hukuman 5 tahun kurungan penjara dan denda Rp 100 juta. (mid/yog)