Pantai Banyu Anjlok Masuk Nominasi API, Pokdarwis Tirtoyudo Optimis Menang

wisata Pantai Banyu Anjlok (ist)

BACAMALANG.COM – Atas masuknya Wisata pantai Banyu Anjlok nominasi API Awards, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Mberharap bisa menang.

“Saya berharap dengan masuk nominasi API awards 2020 bisa menang dan popularitas meningkat. Lalu ada perhatian pemerintah terkait perbaikan akses/jalan menuju pantai Lenggoksono sebagai pintu masuk ke Banyu Anjlok yang rusak parah,” tegas Ketua Pokdarwis Mukhlis baru-baru ini.

Sekilas informasi, wisata air terjun yang berada di pinggir pantai yang biasa dikenal dengan Wisata Banyu Anjlok masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan bersaing dengan keindahan alam dari daerah lainnya di Indonesia.

Wisata Banyu Anjlok yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini merupakan aset keindahan alam yang harus dijaga dan didorong terus agar menjadi ikon wisata alam Kabupaten Malang yang menasional hingga mendunia.

Wisata Banyu Anjlok masuk dalam salah satu nominasi API Awards 2020 yakni sebagai surga tersembunyi terpoluler.

Dengan menghadirkan keindahan alamnya yang alami dan memang merupakan surga tersembunyi di Laut Selatan Pulau Jawa yang berada di Kabupaten Malang.

Untuk masuk sebagai nominasi harus melalui usulan dari Disparbud masing-masing daerah. Dan kali ini untuk wilayah Kabupaten Malang terdapat dua tempat wisata yang masuk nominasi di API Awards 2020.

Pertama ada Wisata Banyu Anjlok yang masuk sebagai nominator surga tersembunyi terpopuler, serta yang kedua Wisata Boon Pring sebagai nominator ekowisata.

Mukhlis menjelaskan bahwa cocok sekali jika Wisata Banyu Anjlok masuk dalam nominasi surga tersembunyi terpopuler.

“Dari nominasi sudah sangat cocok karena untuk ke sana sangat tersembunyi,” ujar Mukhlis.

Dikatakan tersembunyi karena memang letak Wisata Banyu Anjlok terletak di balik bukit dan setelah itu melewati sebuah desa yakni Desa Purwodadi. Dari pusat Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di titik pemberhentian yang pertama yakni Desa Purwodadi.

Untuk jadwal voting sendiri telah berjalan sejak Bulan Agustus 2020 hingga Bulan Desember 2020 dan pemberian penghargaan atas menangnya nominasi akan diberikan pada Bulan Januari 2021 di Jakarta.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan voting yakni dengan mengirimkan SMS, melalui Instagram, YouTube atau website yang telah tertera.

Untuk mengirimkan SMS dapat dilakukan masyarakat dengan mengetik API (spasi) kode kategori dan nominasi, lalu kirim SMS ke nomor 99386. Sedangkan jika voting melalui Instagram dengan follow akun @APIaward lalu cari video sesuai nomor dan kategori dengan klik logo love.

Sedangkan jika masyarakat ingin melakukan voting melalui YouTube dapat dilakukan debgan subscribe channel APIaward terlebih dahulu. Lalu cari video yang sesuai nominasi dan kategori.

Langkah terakhir juga dapat dilakukan melalui website dengan melakukan searching link website https://anugerahpesonaindonesia.com dan langsung klik vote yang sesuai dengan nominasi dan kategori yang dipilih.

Adapun 10 destinasi wisata surga tersembunyi adalah sebagai berikut
1. Air Terjun Manjang Merah – Kab. Bangka (API 18A)
2. Banyu Anjlok – Kab. Malang (API 18B)
3. Batu Tilam – Kab. Kampar (API 18C)
4. Mulut Seribu – Kab. Rote Ndao (API 18D)
5. Pantai Labuana – Kab. Donggala (API 18E)
6. Pulau Enggano – Kab. Bengkulu Utara (API 18F)
7. Pulau Maspari – Kab. Ogan Komering Ilir (API 18G)
8. Pulau Sagori – Kab. Bombana (API 18H)
9. Selat Valentine – Kab. Seram Bagian Barat (API 18I)
10. Toran Beach – Kab. Fakfak (API 18J. (had/zuk).