Hanya 10 Hari, Polres Malang Ringkus 60 Tersangka Narkoba

Kapolres Malang didampingi Kasat Reskoba dan Kasubbag Humas Polres Malang menunjukkan barang bukti serta tersangka yang diamankan dalam rangka Operasi Tumpas Semeru 2020 (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Hanya dalam waktu 10 hari Polres Malang dan Polsek jajaran mampu meringkus 60 tersangka dari 54 kasus peredaran narkotika dan psikotropika.

Pengungkapan kasus itu dalam rangka Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2020, yang berlangsung mulai 24 Agustus hingga 4 September. Dari seluruh kasus itu, Polres Malang mengamankan barang bukti berupa 34,92 gram sabu; 1,74 gram ganja; 3 butir ekstasi; serta 2.759 butir pil dobel L atau pil koplo.

“Selama kurang lebih 10 hari, Polres bersama Polsek jajaran mengungkap 54 kasus dan mengamankan 60 tersangka. Rinciannya, 28 kasus diungkap Polres dan 26 kasus dari Polsek,” kata Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, dalam rilis di Mapolres Malang, Kamis (10/9/2020).

Hendri melanjutkan, dari seluruh tersangka, 16 orang berstatus sebagai pengedar. Sedangkan, 44 lainnya berstatus pemakai.

“Sekarang sedang kita proses,” terang Kapolres kelahiran Solok Sumatera Barat itu.

Lebih lanjut, Hendri berpesan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama memerangi peredaran narkoba ini. Katanya, kepolisian tidak akan bisa berjuang sendiri menumpas narkoba tanpa ada dukungan masyarakat.

“Pesan kami, agar benar-benar masalah narkoba ini jadi atensi utama. Kesadaran masing-masing individu harus selalu kita tingkatkan. Narkoba ini sulit sekali ditumpas kalau tidak ada kepedulian dari seluruh masyarakat. Narkoba ini tidak ada manfaatnya, dan tidak ada gunanya,” pungkas Hendri. (mid/yog)