Nyekar ke Makam Bung Karno, Bu Nyai Ingin Lanjutkan Perjuangan ‘The Founding Fathers’

Foto: Bu Nyai Lathifah Nyekar ke Makam Bung Karno. (ist)

BACAMALANG.COM – Ditengah kesibukannya berkampanye, Calon Bupati Malang, Lathifah Shohib melakukan agenda ziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, Sabtu (8/10/2020).

Ziarah ke makam Bung Karno itu dilakukan untuk mengingat perjuangan ‘the founding fathers’ dalam upaya membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lathifah, yang akrab disapa dengan sebutan Bu Nyai itu, menjelaskan, bahwa sosok Bung Karno memiliki kedekatan dengan keluarga besarnya. Hal ini bisa ditilik dari pertemanan antara Bung Karno dengan sosok KH Bisri Syansuri, kakek Bu Nyai yang tak lain adalah salah satu pendiri NU.

“Bung Karno dengan kakek saya dulu satu perjuangan pada masa kemerdekaan, kawan berdiskusi dan juga pernah sama-sama berjuang di konstituante,” kata Bu Nyai di sela ziarah.

Mantan Anggota DPR RI itu menambahkan, ada banyak hal yang patut dicontoh dari Bung Karno baik dari rasa nasionalisme dan ketegasan memimpin hingga pemikiran besar untuk bangsa dan negara.

“Bung Karno adalah sosok yang mampu menggali dasar negara yang diwujudkan dalam lima sila yang kita kenal dengan Pancasila,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bu Nyai menegaskan jika diberi amanat untuk memimpin Kabupaten Malang pada lima tahun mendatang, maka gagasan besar dan rasa nasionalisme yang ditanamkan Bung Karno akan diwujudkan dalam kepemimpinannya. (Lis/red)