Amazing, Aksi Kreatif DJ Pipa Arek Sumberpucung

Foto: Lufiass tampil di Net TV. (ist)

BACAMALANG.COM – Meski tak harus berbalas dengan perolehan hasil yang baik, apapun bakat dan kreasi yang terlahir, layak diapresiasi serta disyukuri.

Kebanyakan orang sekarang memanggilnya DJ Lufiass. Yah Lufiass arek asal Sumberpucung Kabupaten Malang ini, memiliki nama asli Ahmad Saiful Nudin, adalah sosok fenomenal yang mampu berkreasi berbekal pipa paralon yang kemudian dijadikan sebagai instrumen musik yang kerap disebut techno pop.

“Saya berkreasi dengan pipa paralon yang saya jadikan alat musik, sejak tahun 2018. Alhamdulillah, semoga kreeasi saya ini mampu memberikan hiburan yang berbeda dan khas,” tandas Ahmad Saiful Nudin alias Lufiass Sang DJ Paralon, Selasa (10/11/2020).

Asal Sumberpucung Malang

Lufiass ini beralamatkan di Desa Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Ayah satu anak ini mengaku inspirasi DJ Pipa: dari seorang musisi luar negeri (pipe guy).

“Dia adalah inspirasi dari alat musik DJ pipa paralon. Namun sedikit demi sedikit saya kembangkan, dengan cara saya sendiri. Memainkan DJ Pipa sejak tahun 2018,” papar Lufiass.

Ia menceritakan, dirinya diundang ke Net TV berawal dari bermain musik di Hard Rock Cafe Jakarta.

“Awalnya saya diundang ke Net TV berawal dari bermain musik di Hard Rock Cafe Jakarta. Setelah bermain musik itu, lalu saya posting di Instagram. Nah, kebetulan ada salah satu tim kreatif Net TV yang menghubungi saya, untuk main di Gokil Net TV. Terakhr diundang lagi di Malam-malam Net TV,” jelas Lufiass.

Beberapa Karya Singel

Lufiass telah meluncurkan karya lagu sederhana dengan instrumen DJ Pipa.
Ada beberapa video yang sudah di unggah di youtube Lufiass DJ Pipa.

Singel tersebut seperti Simple sound, Bojoku sexi, dan Si buah hati. Ia juga sempat memainkan beberapa alat musik lainnya.

“Antusias dari publik alhamdulillah sangat mensuport dengan karya dari pipa paralon ini(DJ Pipa Paralon). Dan mungkin belum banyak yang tahu juga tentang alat ini. Saya sering seacrh di youtube yang ada alat seperti ini, kebanyakan di luar negeri dan kebetulan mungkin yang memainkan alat musik ala DJ di Indonesia baru saya,” tukas Lufiass.

Lufiass menjelaskan, ada juga sebuah grup musik yang memainkan alat musik perkusi dari pipa tetapi beda cara memainkannya.

“Ada juga sebelum saya, satu grup perkusi memainkan alat dari pipa. Hanya saja beda dengan cara saya memainkanya,” jelas Lufiass.

Lufiass mengungkapkan, dirinya awal dulu juga hobi menyanyi. “Saya menjadi penyanyi dulu karena hobi. Awal mula saya memainkan musik adalah drum. Kesini-kesininya saya mencoba untuk membuat sebuah lagu. Sampai saat ini pun saya masih membuat lagu. Kalau untuk grup band mungkin hanya sekedar bikin aja. Belum pernah sampai serius bikin grup band. Apa lagi masuk label,” imbuh Lufiass.

Lufiass akhirnya memutuskan berkarya sendiri. “Dan akhrnya saya memutuskan untuk berkarya sendiri (solo) dengan lagu-lagu melow,
Religi, dan melayu. Dan akhir-akhir ini banyak saya menciptakan lagu Jawa,” urai Lufiass.

Lufiass berharap hasil karya musiknya bisa semakin diterima masyarakat Indonesia. “Harapan saya untuk ke depannya semoga karya-karya saya bisa diterima masyarakat khususnya Indonesia. Entah itu di karya lagu saya, ataupun karya alat musik DJ Pipa Paralon.. Karena itu adalah impian.
Sebisa mungkin saya berusaha untuk menghidupkan karya saya. InshaAllah suatu saat karya Kita bisa menghidupi Kita. Semoga selalu membawa keberkahan,” tutur Lufiass.

Lufiass menjelaskan sebelum menggunakan nama Lufiass DJ Pipa, nama panggungnya adalah Lufiass RMC. RMC kepanjangannya Reggae, Melayu dan Campursari. Nah untuk Lufiass DJ Pipa baru-baru ini saya pakek. Karena mau fokusin dulu di alat musik DJ Pipa paralon,” jelas Lufiass.

Saat ini Lufiass tinggal di Jakarta.”Tempat tinggal sekarang di Jakarta Selatan. Tepatnya Wapress (warung apresiasi ) Bulungan Blok M,” tukas Lufiass.

Ketika luang dan job kosong, Lufiass sehari-hari bekerja di warung apresiasi). “Saya mencari nafkah sebagai sound man di Wapress. Sama jadi tukang parkir dan kadang juga mengamen,” kata Lufiass mengakhiri.

Nah bagi para pembaca yang penasaran ingin melihat aksi kreatif Lufiass bisa langsung klik link di bawah ini. Agar semakin bermanfaat dan maju, pembaca bisa subscribe, mengelike, comment, dan share konten YouTube Lufiass. (dhum)

Link YouTube singel, Aku babu Kowe ratu, https://youtu.be/LNFG4EyV3Fk

Link judul : Yang terdalam”
https://youtu.be/LNFG4EyV3Fk

Pengenalan instrumen musik pipa paralon https://youtu.be/LNFG4EyV3Fk