Inilah Langkah Polsek Pujon Antisipasi Bencana Alam

Foto : Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto, SH., MH bersama Danramil, Perhutani saat melakukan patroli keliling. (ist)

BACAMALANG – Musim penghujan yang terus mengguyur wilayah hukum Polres Batu dan sekitarnya, dinilai berpotensi menimbulkan bencana alam. Sebab, hal itu mengingat karakteristik wilayah Kota Batu adalah pegunungan.

Bahkan, bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang, maupun angin kencang masih menjadi momok dan rasa kekhawatiran bagi warga sekitar.

Guna untuk mengantisipasi hal itu, Kapolsek Pujon AKP Supriyanto, SH., MH, Bhabinkamtibmas bersama Danramil Pujon Kapten Tartib beserta Perhutani setempat melaksanakan patroli ke beberapa titik rawan bencana.

Menurutnya, giat patroli itu bertujuan untuk mencegah meminimalisir terjadinya bencana alam.

“Kami Polsek Pujon, Polres Batu setiap hari melaksanakan patroli secara rutin ke titik rawan bencana alam, baik rawan longsor, rawan banjir maupun daerah rawan bencana lainnya di wilayah hukum Polsek Pujon,” kata Priyanto, sapaan akrabnya, Selasa (11/2/2020).

Mantan Kasubbag Humas Polres Batu ini menambahkan, bahwasanya giat tersebut dilakukan guna untuk mengantisipasi dan mendeteksi secara dini daerah rawan mana saja yang dinilai terjadi bencana alam.

“Kami bersama stakeholders terkait secara bersama-sama setiap hari dan secara rutin selalu melakukan patroli keliling. Dimana di masing-masing mobil patroli sudah ada peralatan SAR,” imbuh dia.

Dijelaskannya, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam, maka peralatan tersebut setiap saat siap untuk digunakan.

“Ya, hal ini juga guna mendukung untuk kecepatan penanganan terjadinya bencana alam. Untuk hari ini, patroli antisipasi bencana kami arahkan ke kawasan hutan di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, serta langkah-langkah antisipasi yang kita gunakan, sesuai dari arahan dan petunjuk dari Kapolres Batu,” pungkasnya. (Eko)