Truk Brimob Tabrakan, Hendak Amankan Pertandingan Sepakbola di Kanjuruhan

Foto : Lokasi kejadian. (ist)

BACAMALANG.COM – Suasana di pertigaan jalan raya Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (11/2/2020) sore, mendadak ramai dan macet.

Hal ini dipicu adanya kecelakaan tabrakan antara satu mobil truk Brimob Polri yang ditabrak mobil sedang yang mengakibatkan tangki truk Brimob jebol dan rusak.

Arus lalu-lintas berangsur-angsur normal dan lancar setelah petugas lantas Polres Malang melakukan pengaturan dan normalisasi arus lalin.

Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto, menjelaskan pihaknya telah mengevakuasi kendaraan yang terlibat laka dan menormalisir arus lalin.

“Alhamdulillah arus lalin, berangsur telah normal. Setengah jam lalu ada kecelakaan truk Brimob ditabrak mobil di pertigaan jalan raya Penarukan Kepanjen,” terang Agus Yulianto.

Ia mengatakan kronologisnya, ada sebuah kendaraan dinas truk Brimob yang mengangkut puluhan personil dari arah Utara mengarah ke stadion Kanjuruhan dengan tujuan melakukan pengamanan pertandingan sepak bola.

Pada saat hampir bersamaan, melaju sebuah kendaraan roda empat jenis sedan dengan kecepatan tinggi dari arah barat.

Sesampainya di pertigaan jalan Ketanen Penarukan, Raya Penarukan dan jalan HM. Sunan kendaraan sedan tersebut berpapasan dengan truk Brimob tadi.

Karena sudah terlalu dekat dan tidak sempat mengerem, akhirnya sedan menabrak bagian samping depan truk Brimob.

Bruakkk ! . Demikian bunyi tabrakan keras tersebut. Bahkan saking kerasnya tabrakan, mengakibatkan tangki bagian samping kanan truk Brimob ringsek dan jebol.

Spontan karena tangki robek dan rusak, bahan bakar jenis solar mengucur dan berceceran di jalan raya.

Suasana dan arus lalin mendadak ramai, macet dan padat merayap akibat kejadian laka tersebut.

Para pejalan kaki dan pengendara sepeda motor terlihat memadati TKP sekedar ingin mengetahui kejadian kecelakaan itu.

Mendapat laporan dari pengguna jalan, unit laka lantas Polres Malang segera meluncur ke TKP.

Khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, semisal kecelakaan akibat permukaan jalan licin dan terjadi kebakaran akibat tumpahan solar, maka didatangkan satu unit mobil PMK untuk upaya antisipasi resiko.

Tak berapa lama, satu unit mobil PMK beserta enam personil datang ke lokasi kejadian untuk menyemprot tumpahan solar di permukaan aspal jalan.

Turut mendatangi TKP laka, Camat Kepanjen Abai Saleh, dan beberapa personil Satpol PP Kecamatan Kepanjen.

“Untungnya dalam kejadian kecelakaan ini tidak ada korban jiwa. Namun hanya kerugian material saja. Kita datangkan satu unit PMK untuk antisipasi resiko lebih lanjut semisal mobil tidak tergelincir karena licin dan pencegahan munculnya kebakaran,” tandas Agus Yulianto.

Setelah berjalan sekitar satu jam, akhirnya arus lalu-lintas di lokasi kejadian kembali normal dan lancar. (Had)