Tindaklanjuti Kerjasama, STIKES Kepanjen Lakukan Zoom Meeting dengan Mahsa Malaysia

Foto: Salah satu kegiatan STIKES Kepanjen (wisuda). (ist)

BACAMALANG.COM – Guna menindaklanjuti kerjasama, STIKES Kepanjen melakukan zoom meeting dengan Mahsa Universitas Malaysia, Jumat (12/2/2021).

Diskusi daring yang akan dimulai pukul 10.00 WIB ini, akan melibatkan Prof Zahrah IR dan Puan Maznah dari Mahsa Universitas Malaysia.

Sekilas informasi, STIKes Kepanjen dalam upaya pengembangan pendidikan berorientasi pada daya saing internasional, maka sesuai tujuan tersebut STIKes Kepanjen membuka kelas bilingual pada program Keperawatan Program Sarjana.

Program ini dibuka pada semester ganjil TA 2019/2020. Proses seleksi diikuti oleh calon mahasiswa baru, dimana seleksi calon mahasiswa baru adalah tes tulis (Tes Potensial Akademik), tes kesehatan, psikotes dan wawancara terkait peminatan. Dari hasil tersebut untuk mengisi kursi dalam satu ruang kelas bilingual.

Adapun Kurikulum kelas bilingual adalah sama dengan kurikulum program keperawatan program sarjana yaitu 144 SKS, selama 8 semester akademik.

Setelah itu dilanjutkan ke tahap profesi selama 2 semester sebanyak 36 SKS. Pembelajaran dilakukan dengan proporsi 60% bahasa Indonesia dan 40% bahasa Inggris.

Metode pembelajaran tidak hanya klasikal namun juga SCL (Student Center Learning) seperti Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Case Study, Discovery Learning (DL), Self-Directed Learning (SDL), Cooperative Learning (CL), Collaborative Learning (CbL).

Metode tersebut digunakan agar capaian kompetensi yang diharapkan bisa dicapai oleh mahasiswa. Misalnya untuk metode Discovery Learning (DL) mahasiswa diharapkan mampu mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan/materi.

Kesempatan Kerja di Luar Negeri dan Student Exchange

Disini dosen berperan sebagai fasilitator sehingga mahasiswa berperan aktif. Tujuan pembelajaran selain untuk mencapai kompetensi yang diharapkan juga mampu mencapai soft skill seperti mahasiswa mampu berkreativitas, komunikasi, disiplin, semangat belajar dan kemandirian.

Harapan dari Program ini adalah mempersiapkan lulusan untuk bisa mumpuni dalam berbahasa Inggris, sehingga kesempatan untuk bekerja di RS internasional atau RS luar negeri lebih luas.

Pelaksanaan pembelajaran klinik selama tahap akademik dilakukan untuk mempersiapkan student exchange mahasiswa keluar negeri. Tahun 2019 STIKes Kepanjen mempunyai kerjasama internasional dengan MAHSA University Malaysia dan National Taipei University of Nursing and Health Sciences. Pelaksanaan student exchange nantinya akan di konversikan dengan kompetensi yang sesuai. (*/had)