Pengamat Politik UB : Sanusi Masih Unggul dalam Popularitas

Foto : Pengamat politik, Tri Hendra. (ist)

BACAMALANG.COM – Meski mendapat sorotan minor atas hengkangnya ke PDIP, namun pengamat politik Universitas Brawijaya Malang menilai nilai prosentase Sanusi sebagai kandidat potensial lewat survey masih tertinggi dibanding bakal calon Bupati lainnya.

Hal ini dikatakan Pengamat Politik Universitas Brawijaya Malang Tri Hendra Wahyudi, S.IP., M.IP kepada awak media, Selasa (10/3/2020).

Seperti diketahui, Tri Hendra melakukan survey independen (pribadi) yang menyebutkan jika ada tiga (3) bakal calon Bupati Malang kuat dan menonjol dari Nahdatul Ulama (NU).

Dikatakannya, urutan teratas adalah Sanusi 63%, Ali Ahmad 19,6%, dr Umar 2,2%.

“Dari survey independen atau pribadi, ternyata Sanusi masih populis (populer) karena menduduki posisi teratas dari calon NU lainnya. Sanusi 63%, Ali Ahmad 19,6%, dr Umar 2,2%,” tegas Tri Hendra yang juga alumnus Ilmu Politik Universitas Airlangga ini.

Sementara untuk hasil pilihan calon dari kalangan Milleneal didapatkan hasil Sanusi 27%, Ali Ahmad 5,9%, Hasan Abadi 2,2%, yang lain di bawah 2%

“Dari survey pribadi tersebut diperoleh hasil jika pada kalangan Milleneal usia 17-30 tahun, memilih Sanusi 27%, Ali Ahmad 5,9%, Hasan Abadi 2,2%, yang lain di bawah 2%,” urai Tri Hendra.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kabupaten Malang Ahmad Daniyal, mengatakan, sosok pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan, yaitu Sanusi dan Didik Gatot Subroto, menjadi unsur kuat yang membuat dirinya berharap besar PPP bisa berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

Daniyal memberikan pujian atas dua calon itu yang disebutnya sangat kapabel. Sanusi sebagai calon petahana memiliki track record baik selama menjabat, dari dewan hingga mencapai jabatan Bupati Malang.

“Track recordnya baik. Didik juga merupakan politikus handal dan basis masa yang kuat. Keduanya sangat kapabel,” pungkas Daniyal. (Had)