Gubernur Intruksikan Pemda Malang Raya Segera Tuntaskan Aturan PSBB Malam Ini

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengintruksikan kepada pemerintah daerah di Malang Raya untuk segera menyiapkan segala aturan berkenaan dengan segera dilaksanakannya pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Bumi Arema.

Sembari menunggu keputusan dari Kementerian Kesehatan soal PSBB Malang Raya, kata Khofifah, segala aturan baik itu Peraturan Bupati atau Perbup, juga Peraturan Walikota atau Perwali harus sesegera mungkin diteken.

“Sembari menunggu jawaban itu datang, segala aturan yang akan menjadi landasan pelaksanaan PSBB di Malang Raya sudah disiapkan, baik Perbup-nya maupun Perwali-nya,” ucap Khofifah, dalam rilis yang diterima, Senin (11/5/2020).

Wanita yang pernah menjabat Menteri Sosial ini pun menyebutkan, peraturan yang dimaksud bisa mengacu pada Peraturan Gubernur atau Pergub Jatim nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB. Menurut Khofifah, malam ini peraturan itu harus dituntaskan.

Disamping itu, secara khusus hari ini Sekretaris Daerah atau Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono memimpin rapat terbatas dengan jajaran Forkompimda Malang Raya di kantor Bakorwil III Malang. Pada kesempatan ini, ada sejumlah hal yang dibahas mengenai persiapan PSBB di Malang Raya.

“Satu hal yang harus kita lakukan dalam penyiapan PSBB di Malang Raya adalah tentang pengaturan check point, tempat kerumunan, pasar, fasilitas umum, dan pembatasan pergerakan manusianya, itu harus diperhatikan,” kata Heru. (mid/yog)