Penyaluran BST di Desa Tlekung, Ini Peran TNI-Polri

Foto: Babinkamtibmas Desa Tlekung Brigadir Dany Robby Frans Siregar, Babinsa Desa Tlekung Serka M. Hidayat dan Kades Tlekung Mardi, saat sesi foto bersama usai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos. (Eko Sabdianto)

BACAMALANG.COM – Anggota Polsek Junrejo, Polres Batu yang di tugaskan sebagai Babinkamtibamas di Desa Tlekung, bersama dengan anggota TNI Posramil Serka M. Hidayat yang di tugaskan sebagai Babinsa Desa Tlekung, membantu Pemerintah Desa dalam mengatur antrian pelaksanaan pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) warga masyarakat Desa Tlekung.

Babinkamtibmas Desa Tlekung Brigadir Dany Frans Robby Siregar, saat diwawancarai awak media mengatakan, bahwa apa yang di lakukannya itu karena sudah menjadi bagian salah satu tugas dari Babinkamtibmas.

“Kami sebagai Babinkamtibmas Desa Tlekung di tempatkan di Desa Tlekung ini, selain guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Tlekung, tugas kami adalah memang untuk mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat,” kata Frans sapaan akrabnya.

Menurutnya, tugas dari seorang polisi selain menjaga keaman dan kenyamana di wilayahnya, juga harus selalu tanggap dengan keadaan di daerah tempatnya bertugas.

“Ya, selain itu tentunya kami juga memberikan pesan moral dan himbauan kepada masyarakat di Desa Tlekung terkait dengan keamanan, agar tetap selaku kondusif. Sehingga warga menjadi nyaman dengan hadirnya polisi di tengah-tengah masyarakat,” tukas dia.

Ditambahkan Frans, bahwa dengan adanya bantuan Covid-19, dari Kementrian Sosial (Kemensos) ini, nantinya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Tentunya selain itu juga dapat mencegah angka tindakan kriminalitas. Karena kebutuhan pokok warga masyarakat dengan adanya bantuan ini dapat selaku terpenuhi,” bebernya.

Selain dari pada itu, masih kata Frans, keberadaan Pos jaga malam juga sangat berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi angka pencurian dan tindakan yang tidak diinginkan.

“Ya, karena dengan keberadaan Pos tersebut warga masyarakat dapat dengan mudah untuk mengantisipasi sejak dini tindakan kriminalitas yang ada dapat segera cepat untuk di cegah,” papar dia.

Pemerintah Desa Tlekung, dalam hal ini tambah Frans juga harus berperan aktif dengan cara berkoordinasi yang intens dengan Bhabinkamtibmas.

“Ya, tujuannya agar selalu update akan informasi jika ada potensi hal-hal yang mencurigakan, kami (Bhabinkamtibmas) bisa dengan cepat mengcover agar tidak sampai menimbulkan kejolak dan keresahan bagi warga masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tlekung Mardi juga menyampaikan, bahwa keberadaan Babinkamtibmas tersebut memang sangat membantu bagi keamanan Desa Tlekung.

“Yang pasti, dengan keberadaan Babinkamtibmas yang ditempatkan di Desa Tlekung ini memang sangat berperan besar dalam membantu keamanan bagi warga desa kami. Karena, selain membantu di bidang keamanan, Babinkamtibmas bersama Pemerintah Desa Tlekung juga selalu hadir di setiap kegiatan,” ujar Mardi.

Di contohkan Mardi, seperti pada saat ini, dengan keberadaan Babinkamtibmas bersama dengan Pemerintah Desa Tlekung, membantu pengaturan pelaksanaan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos.

“Sehingga warga masyarakat di sini dapat tertib dalam pengantrian tersebut. Memang sudah seharusnya, ada semacam jalinan sinergritas antara Pemerintah Desa Tlekung dengan TNI dan Polri,” tandasnya. (Eko/Red)