Serah Terima Dokumen Perbaikan, Ini Pesan Ketua PPK Ngajum

Foto: Serah terima dokumen perbaikan PPK Ngajum. (ist)

BACAMALANG.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan KPU Kabupaten Malang, harus memberi waktu tiga hari untuk menghitung ulang verifikasi faktual perihal dukungan bagi calon perseorangan, secara serentak mulai dilakukan serah terima dokumen perbaikan, Jumat (11/9/2020).

Serah terima dokumen itu merupakan perbaikan lanjutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ngajum kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua PPK Ngajum Moh Ali Ma’sum menyampaikan bahwa ada hal yang penting diperhatikan dalam pelaksanaan verifikasi perbaikan.

“Dalam pelaksanaan verifikasi faktual, agar PPS memperhatikan aturan yang berlaku,” ucap Ali.

Menurutnya, selain sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU), pelaksanaan verfak juga melibatkan beberapa pihak lain yang tentu saja menjadi pengawas kinerja PPS.

“Tentu ada Panwascam dan LO ditingkat kecamatan yang tentu saja mengawal berjalannya proses verfak agar berjalan lancar,” tegas Ali.

Hal Senada juga disampaikan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ngajum Deny Capa Riyanto. Deni menilai. dalam proses pelaksanaan verfak harus dilaksanakan sejalan dengan aturan yang berlaku.

“Penyelenggara mesti memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Deny.

Deny juga menekankan pentingnya kelancaran dan ketertiban proses verfak. Hal tersebut dinilai sangat penting karena masih ada proses panjang menuju gelaran Pilkada Malang pada 9 Desember mendatang.

“Penyelenggara melaksanakan verfak dengan tertib dan sesuai aturan, rangkaian masih panjang,” katanya.

Lebih lanjut, Deny berpesan agar Petugas Penyelenggara untuk tetap menjaga kesehatan. Dia mengaku khawatir dengan tahapan yang seringkali berbarengan terlebih di era pendemi seperti ini.

“PPS penting juga memperhatikan kesehatan, jaga stamina, apalagi di era pandemi seperti ini,” pungkas Deny. (Lis/red)