Program Sam HC, Layanan Adminduk Cukup di Tingkat Desa

Foto: Sam HC saat melakukan kunjungan ke desa-desa dengan mengendarai motor trail. (ist)

BACAMALANG.COM – Berangkat dari keresahan masyarakat yang selama ini merasa kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama pada saat mengurus administrasi kependudukan (Adminduk), Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang jalur perseorangan, H. Heri Cahyono – Gunadi Handoko merencanakan Program Pembuatan KTP hingga KK bisa selesai di tingkat desa.

“Kalau model pengurusan KTP masih tersentralisasi di Kepanjen, akan menyusahkan masyarakat yang kediamannya jauh, karena itu program ini nanti akan sangat memudahkan masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Sam HC, Minggu (11/10/2020).

Mempermudah Warga

Seperti diketahui, upaya mempermudah layanan administrasi kependudukan dari mulai pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga dan administrasi lainnya menjadi fokus Sam HC.

Dijelaskan, wilayah Kabupaten Malang sangat luas dengan 33 Kecamatan dan 390 desa. Sehingga hanya untuk mengurus administrasi kependudukan akan membutuhkan mobilitas yang tinggi dari masyarakat dan jangka waktu yang cukup lama.

“Bayangkan saja jika ada warga yang rumahnya di pelosok desa, maka pengurusan KTP ke Kepanjen atau ke kantor dinas akan membutuhkan mobilitas, biaya dan waktu yang banyak, kedepan ini yang akan kita pangkas,” terang Sam HC.

Sam HC mengaku, untuk merealisasikan program ini pihaknya sudah melakukan diskusi dengan para ahli bidang kebijakan, ahli teknologi dan ahli hukum saat menyusun draft visi dan misi Paslon.

“Kita sudah bahas secara mendetil, dan InshaAllah ketika Kami diamanahi masyarakat, maka program ini menjadi prioritas utama karena masuk dalam program Jejeg Songo,” terang Sam GC mengakhiri. (had/*)