Kunjungi Pujon Kidul, Arumi Bachsin Sebut Angka Stunting Masih Tinggi

Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin (tengah) saat berkunjung ke Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin melakukan kunjungan ke Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Pada kunjungan kali ini, istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak ini bukan terfokus soal wisata, namun lebih ke masalah angka stunting serta kematian ibu dan bayi.

“Saya datang kesini karena disini angka stunting-nya agak tinggi. Kami ada monev juga, monitoring dan evaluasi, baik itu stunting atau KB,” ujar Arumi, Rabu (12/2/2020).

Menurut wanita 25 tahun itu, ada banyak upaya yang bisa ditempuh untuk menurunkan angka stunting. Salah satunya dengan memaksimalkan kawasan rumah pangan lestari atau KRPL.

“Banyak sebetulnya. Dari KRPL-nya, kan disini banyak banget, disini kan banyak lahan yang bisa digunakan untuk KRPL. Jadi makanan pokok itu bisa ditanam disini, kan subur banget disini, terus penghasil susu,” terangnya.

Lebih jauh, Arumi menuturkan, untuk menekan angka stunting perlu juga adanya perubahan pola hidup masyarakat.

“Mungkin ada kebiasaan yang kurang baik yang perlu kita ubah,” tandasnya.

Dalam kunjungan kali ini, Arumi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Anis Zaidah Sanusi. Arumi juga berkesempatan menyapa sejumlah masyarakat di Balai Pertemuan Desa Pujon Kidul. (mid/yog)