Perangkat Desa Karangkates Dilantik, Optimis Mampu Wujudkan Desa Mandiri

Foto : Pelantikan perangkat desa Karangkates yang baru. (ist)

BACAMALANG.COM – Dengan dilantiknya perangkat desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang yang baru, Kades optimis bisa mewujudkan diri sebagai Desa Mandiri.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang Sudjono Fakrim S.Pd kepada awak media pada Rabu (12/2/2020) di sela-sela kegiatan bersih desa.

“Yang jelas dengan dilantiknya perangkat desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang yang baru, diharapkan menjadi lokomotif sehingga bisa mewujudkan sebagai desa mandiri,” tegas Sudjono Fakrim S.Pd.

Seperti diketahui, sebanyak 4 perangkat desa baru dilantik. Yaitu Puji Hartono sebagai sekdes, One Safitri Wahdinil Haq sebagai kaur umum dan tata usaha, April Suprayogik sebagai kasi kesra, dan Farid Junaedi sebagai kaur perencanaan.

Dikatakannya, ia bangga karena perangkat desa saat ini didominasi sosok muda dengan pemikiran cemerlang yang potensial untuk merealisasikan menjadi desa yang mandiri

Dijelaskannya, dirinya meminta secara personal perangkat desa memaparkan ide-ide baru untuk disumbangkan guna pengembangan dan pembangunan Desa Karangkates.

Kades yang baru menjabat di Desa Karangkates ini menuturkan pihaknya fokus mengkonsolidasikan kerja perangkat desa untuk memaksimalkan sektor pariwisata.

“Alhamdulillah kami ada penjajagan kerjasama dengan PT Jasa Tirta mengelola wahana air. Rencana ini akan dimatangkan dan kami akan mengelola salah satu lokasi, di bendungan Lahor atau Sutami,” urai Sudjono Fakrim S.Pd.

Selain potensi wisata wahana air, Desa Karangkates juga akan menjajagi pengoptimalan potensi wisata edukasi pertanian.

Wisata edukasi pertanian ini direncanakan menggunakan tanah kas desa setempat.

“Kesimpulannya dengan adanya perangkat desa yang bar, kami optimis dan bersemangat untuk bisa menopang dan meningkatkan perekonomian warga,” tukas Sudjono Fakrim S.Pd.

Sementara itu, perangkat desa baru (Sekretaris Desa / Sekdes) Puji Hartono mengatakan, dirinya berharap bisa mengemban visi misi kades menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang bebas KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme), mampu menjalankan inovasi dan pelayanan baik kepada warga.

Puji mengungkapkan, bersama perangkat desa lainnya dirinya berharap bisa meningkatkan kesejahteraan warga dengan usaha ekonomi kreatif.

Dikatakannya, pihaknya akan memaksimalkan potensi dan kinerja BUMDES dalam upaya menciptakan lapangan kerja bagi pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis (kelompok sadar wisata).

“Kami bersyukur diberi peluang untuk menggarap wisata taman lahor bersinergi dengan PT Jasa Tirta. Semoga adanya kerjasama ini bisa menambah penghasilan warga,” pungkas Puji Hartono. (Had)