Tes Rekrutmen di Malang, Perusahaan Otomotif Ternama Ingin Jaring SDM Berkualitas

Foto : Seleksi masuk perusahaan. (ist)

BACAMALANG.COM – SDM yang berkualitas menjadi kunci penting kemajuan usaha, utamanya pada sebuah perusahaan otomotif raksasa Indonesia yang bermarkas di ibukota.

Kabupaten Malang layak berbangga karena ada sebuah sekolah menengah kejuruan yang menjadi langganan partnership perusahaan otomotif ternama untuk penjaringan tenaga kerja (karyawan).

Kepala Sekolah SMK Brantas Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang mengatakan, di sekolahnya sudah dua hari menjadi lokasi tes rekrutmen PT Astra OtoParts untuk menjaring karyawan.

“Di sekolah kami sudah dua hari ini bertempat di aula GSG (Gedung Serba Guna) menjadi lokasi tes rekrutmen PT Astra OtoParts untuk menjaring karyawan,” terang Sukatno.

Sukatno. menjelaskan tes rekrutmen atau penjaringan tenaga kerja hari ini merupakan hari kedua sejak kemarin Senin (10/2/2020).

“Sudah sejak kemarin yaitu Senin (10/2/2020) sampai hari ini yaitu hari kedua Selasa (11/2/2020) menjadi tempat tes seleksi ratusan calon karyawan PT Astra OtoParts,” tukas Sukatno.

Ia menjelaskan, berkat perjuangan dan upaya keras, sekolahnya sejak tahun 2007 menjadi langganan tes rekrutmen perusahaan otomotif berpusat di Jakarta ini.

Sukatno mengungkapkan, peserta tes akan mengikuti serangkaian tes berupa tes tulis untuk mengukur kemampuan IQ dan kecerdasan, tes wawancara (untuk mengetahui karakter), dan terakhir tes medical check up untuk mengetahui derajat mutu kesehatan calon pegawai.

Sementara itu, Kepala BKK (Balai Kesiapan Kerja) Bambang Sukaton SMK Brantas Karangkates mengatakan, kegiatan tes rekrutnen ini diikuti total 952 peserta dari 47 SMK se-Jawa Timur.

“Total ada 952 peserta dari 47 SMK se-Jawa Timur. Alhamdulillah kami sudah lama bersinergi dengan PT Astra OtoParts,” terang Bambang.

Ia menuturkan pihaknya berharap bisa nenjaring SDM berkualitas yaitu personal yang kompeten, berkarakter, dan sehat.

“Saya berharap peserta tes mempunyai kompetensi, berkarakter baik dan kuat, serta sehat jasmani rohani,” tukas Bambang.

Pada kesempatan yang sama, HRD PT Astra Otoparts Jakarta Pusat Toni mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan SMK Brantas Karangkates untuk memfasilitasi seleksi rekrutmen sejak lama.

Ia menuturkan kali ini pihaknya membuka lowongan kerja bidang mekanik shownate Drive untuk semester kali ini dan semester depan.

“Kami telah lama berpartner dengan SMK Brantas. Kami sengaja memilih sekolah ini karena dikenal memiliki mutu baik dan relasi yang luas,” urai Toni.

Dikatakannya, sekolah SMK Brantas mempunyai mutu diatas standar dan mendapat kepercayaan luas dari berbagai klien perusahaan besar.

“Kebutuhan akan SDM dari tahun ke tahun semakin banyak. Kami berharap mutu lulusan sekolah ini setiap tahun juga meningkat,” pungkas Toni. (Had).