Agar Mengakar, Ini Upaya untuk Sosialisasikan Malang Sehat

Foto: Kerja bhakti membumikan Malang Sehat. (ist)

BACAMALANG.COM – Agar “mengakar” (membumi) Muspida Kota Malang mensosialisaskan Malang Sehat dengan intens bekerja bakti di sejumlah titik di Kota Malang Jumat (12/6/30).

” Kegiatan kerja bhakti ini harus terus digerakkan dan diperkuat secara terus menerus. Kami mendukung dan berusaha turun ke lapangan. Karena melalui kegiatan kerja bhakti, maka visi Malang Sehat bisa bertumbuh dari bawah bersama-sama seluruh elemen masyarakat,” tutur Wakil Walikota Malang. Sofyan Edi Jarwoko.

Seperti diketahui, Jumat (12/6/ 2020) mulai pukul 07.30 WIB, telah dimulai aktifitas kerja bhakti untuk membumikan semangat Malang Sehat.

Kerja bhakti ini dilaksanakan di Lapangan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Walikota Malang.

Turut hadir langsung ke lapangan bersama I Made Rian Diana Kartika, selaku Ketua DPRD Kota Malang.

Bersama Ida Ayu Made Wahyuni, selaku Kepala Disporapar, Camat Lowokwaru, Lurah Tasikmadu, Tim Kerja Lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Babinsa Tasikmadu, Karang Taruna Tasikmadu, serta juga diikuti oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Tasikmadu sampai tingkat RT dan RW.

Sofyan Edi Jarwoko menyatakan, kegiatan kerja bhakti ini harus terus digerakkan dan diperkuat secara terus menerus agar seluruh warga Kota Malang mampu menghadapi setiap tantangan yang ada ke depannya.

Termasuk menghadapi, beradaptasi dan terus membangun daerahnya masing-masing, meskipun sedang dalam kondisi pandemi virus Covid-19 seperti saat ini.

“Kegiatan kerja bhakti yang kita lakukan bersama pagi ini, diharapkan bisa menjadi inspirasi dan penguat semangat gotong royong dari seluruh warga Kota Malang,” terang Sofyan.

Ia menjelaskan, hari ini pihaknya menjalankan dimulai dari Kelurahan Tasikmadu. Ia berharap bisa diikuti oleh 56 kelurahan lainnya yang ada di Kota Malang.

Sehingga, seluruh warga Kota Malang bisa memperkuat semangat gotong royong, guyub rukun dan menjaga kesehatan.

Sehat fisiknya, sehat jiwanya, sehat hatinya, sehat pikirannya, sehat bathinnya, sehat semangatnya, sehat lingkungannya, sehat ekonominya, dan sehat dalam hal apapun yang ada pada kehidupannya.

Spirit Bung Karno

Tampak terlibat di giat lapangan, I Made Rian Diana Kartika, selaku Ketua DPRD Kota Malang. Made mengatakan, kegiatan kerja bhakti seperti ini harus bisa terus digelorakan. Karena kegiatan kerja bhakti merupakan salah satu implementasi yang sangat nyata dalam membumikan Pancasila.

Apalagi dalam suasana Bulan Bung Karno seperti sekarang ini. Perlu terus digelorakan semangat gotong royong.

“Implementasi visi Malang Sehat yang dicanangkan oleh Walikota Malang, sangat tepat dimulai dengan jalan membumikan semangat gotong royong dalam kegiatan kerja bhakti,” terang Made.

Ia mengapresiasi partisipasi seluruh elemen masyarakat terjun langsung dan terlibat bekerja bersama seperti di Kelurahan Tasikmadu.

“Semangat gotong royong seperti inilah yang harus terus kita jaga dan perkuat dalam setiap program pembangunan daerah Kota Malang. Ini implementasi riil dari spirit Bulan Bung Karno. Membumi dan merakyat. Pancasila sejati,” ujar I Made Rian Diana Kartika.

Sementara itu, Kepala Disporapar Ida Ayu Made Wahyuni, menyatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih karena inisiatif dari seluruh elemen masyarakat untuk membantu membangun dan memperbaiki sarana dan infrastruktur olahraga di Lapangan Tasikmadu.

Menurutnya, kegiatan kerja bhakti seperti di Lapangan Tasikmadu ini, semoga juga bisa diikuti oleh kelurahan lainnya yang ada di Kota Malang.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh elemen warga kelurahan Tasikmadu. Disporapar, Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas-dinas lainnya di Kota Malang tentu sangat antusias jika ada inisiatif gotong royong dan kerja bhakti untuk membangun Kota Malang,” tukas Ida.

Ida menjelaskan, pihaknya sangat membutuhkan kerja bersama. Karena membangun Kota Malang dalam berbagai bidang adalah tanggung jawab bersama.

Sinergitas lintas bidang harus terus dijaga dan diperkuat. Pihaknya bekerja untuk mengabdi dan melayani seluruh masyarakat Kota Malang.

Ida mengatakan, warga Tasikmadu sangat menyukai berbagai bidang olahraga. Nama-nama jalan yang ada di Tasikmadu, semuanya diberi nama cabang olahraga.

Apalagi sepak bola, semua warga Tasikmadu hampir senafas. Tapi sayangnya, lapangan sepak bola di Tasikmadu sudah lama tidak terawat dengan baik.

Ia mengungkapkan pihaknya rencananya mengadakan Kompetisi PIALA MALANG SEHAT untuk SSB se-Kota Malang di lapangan Tasikmadu ini diagendakan dilaksanakan pada Agustus 2020.

Ida merasa sangat senang dan bersyukur dengan respon yang diberikan oleh Pemkot Malang.

Tokoh penggerak pemuda dan warga Tasikmadu yang juga Manajer Lapangan Paranane Football Academy Joko mengatakan, kehadiran muspida Kota Malang serentak hari ini, menambah semangat dirinya sebagai warga Tasikmadu.

“Kami semuanya sebagai warga Tasikmadu sangat mendukung visi Malang Sehat dari Walikota Malang,” terang Joko mengakhiri. (Wes/Had)