Petugas Gabungan Bekuk Pelaku Illegal Loging di Sumbermanjing Wetan

Foto: Petugas Gabungan bekuk pelaku Illegal Loging. (ist)

BACAMALANG.COM – Petugas Gabungan (Perhutani dan Polres Malang) berhasil membekuk pelaku Illegal Loging di kawasan Hutan wilayah RPH Sumberkembang petak 70F dan 69 C Dusun Sidorejo Desa Tambakasri dan Dusun Tamban Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang baru-baru ini.

“Pelaku kami tangkap di Desa Druju Kecamatan Sumbermanjing Wetan ketika hendak menjual hasil curiannya,” terang Wakil Administratur Malang Timur, Heru Restyo Wiharto.

Ia mengatakan, pelaku pembalakan liar itu atas nama Suherwanto (42), warga Dusun Sidomulyo, Desa Tambakasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Dikatakan Heru, keiadian itu diketahui oleh jajaran petugas RPH Sumberkembang saat melakukan patroli ke lokasi.

Petugas melihat tunggak jati di petak 70F dan tunggak pohon wadang di petak 69C bekas ditebang.

Menindak lanjuti kejadian tersebut petugas RPH Sumberkembang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kemudian pada pukul 07.00 WIB didapat informasi bahwa ada orang memuat kayu.

Selanjutnya petugas menghubungi Polres Malang. “Sekitar pukul 13.00 WIB petugas gabungan Polres Malang melakukan penangkapan sebuah truk bermuatan kayu dalam bentuk gelondong dan balok jenis jati dan wadang di Desa Druju,” tukas Heru.

Heru menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku untuk mengelabui petugas itu yakni dengan mencampur kayu hasil curian itu dengan kayu sengon.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan 1 unit kendaraan roda 4 jenis Mitsubishi PS 120 N 8623 UA, 16 batang kayu jati berbentuk gelondong, 3 batang kayu jati berbentuk balok, 16 batang kayu wadang, 1 buah kontak truk dan STNK.

“Saat ini pelaku tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Malang,” pungkas Heru. (Had/Red)