Ambrolnya Jembatan di Bandulan, Ini Instruksi Wali Kota Malang

Foto: Peninjauan jembatan ambrol di Jalan Bandulan Kota Malang, Rabu (13/1/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Pasca ambrolnya jembatan di jalan Bandulan Baru Perbatasan RW 05 dengan RW 08, Walikota Malang, Sutiaji melakukan sidak. Sidak juga dilakukan ke titik genangan air di kawasan Arjowinangun, dan lokasi tanah longsor di Jl. Raya Bandulan Gang 1J RT 12/RW 04.

Dengan didampingi Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP), Camat Sukun, Lurah Bandulan, serta Kepala LPMK setempat, Sutiaji meninjau jembatan ambrol tersebut.

Hampir separuh dari badan jembatan rusak parah akibat dihantam debit air yang meluap. Tingginya curah hujan pada Selasa (12/1) kemarin ditengarai menjadi penyebab utama derasnya aliran sungai di bawah jembatan tersebut.

“Ini memang karena curah hujan yang begitu deras dan lama, sehingga air menghantam konstruksi jembatan yang keropos, sehingga roboh” ujar Sutiaji, Rabu (13/1).

Kejadian itu menyebabkan separuh dari badan jembatan ambrol, sehingga akses kendaraan roda empat terputus. “Ini harus segera dibenahi, material sudah datang, kita kasih waktu secepatnya,” ujar Walikota Sutiaji menginstruksikan kepada Dinas DPUPRPKP serta LPMK setempat.

Sutiaji juga menginstruksikan untuk melakukan pelebaran badan jembatan guna memudahkan akses kendaraan yang kerap melalui jembatan tersebut. (Lis/red)