Siswi SMK MUTU JUARA 1 Tahfidz Qur’an Dikdasemen PDM Jawa Timur

Foto: Siti Fatimah. (ist)

BACAMALANG.COM – Siswi Sekolah Menengah Kejuruhan Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang menyabet juara I lomba hapal Al Qur’an yang digelar Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Tanggal 26 Desember 2020 menjadi hari yang sangat menggembirakan dan sangat bersejarah buat Siti Fatimah. Siswi jurusan Otomatisasi Perkatoran (OTKP) ini memperoleh juara dalam lomba Tahfidz Quran tingkat SMA, SMK sederajat dalam ajang ME Award Edisi Spesial yang diselenggarakan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dengan sistem daring.

Lomba Tahfidz Quran adalah salah satu bidang lomba di gelaran ME Award yang diselenggarakan setiap tahun, dan diikuti oleh pelajara SD/MI, SMP/MTs, SMA,/SMK, MA e Jawa timur, dan beberapa peserta dari Indonesia, Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta.

Juara ini adalah tidak sekedar diperoleh begitu saja oleh Fatimah, bahkan persiapan sejak duduk di kelas X telah dilaksanakan oleh Tim, Ismuba.

Perempuan yang dilahirkan di Pasuruan 9 juni 2003 ini merupakan putri dari pasangan bapak Pitono dan ibu Misnati. Sejak kecil ia bercita-cita menjadi Qori internasional, sehingga sejak pendidikan sudah memilih di pondok pesantren.

Semangat Fatimah dalam menghafal ayat ayat Al Quran dilakukan dengan beberapa tips, yaitu bersemangat untuk menghafal Al-Qur’an ditanamkan di dalam hati. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi secara rutin melaksanakan murojaah setiap hari diwaktu subuh dan setelah sholat fardhu dengan mengulang ayat yang dibaca maupun yang dihafal.

Selain itu, hampir setiap hari mendengarkan Murotal melalui Mp3. Tips lainnya adalah dengan menggunakan 1 Al-Qur’an khusus untuk belajar tahfidz. Berusaha menjauhi perbuatan perbuatan mubazdir yang tidak perlu serta yang menghadirkan keburukan atau mudorot.

Metode yang digunakan oleh siswi asal Pamotan Dampit Kabupaten Malang ini adalah dengan menggunakan metode, Tasmi’, Tafahhum, Tikror, Murojaah, serta selalu menyetor hafalan sesuai jadwal ke musyrif tepat waktu dan tips yang terakhir selalu stiqomah dalam belajar dan berlatih.

“Saya sangat terharu dan bersyukur, serta bahagia sekali atas nikmat yang Allah beri untuk saya, beribu-ribu terimakasih untuk kedua orang tua dan guru saya. Pak Anis Wahyudi, yang selalu membimbing saya sehingga mencapai kemenangan di lomba ME Award Spesial tahun 2020, kata Fataimah siswi SMK Mutu Gondanglegi Juara Tahfiz Al Qur’an tingkat Jawa Timur”, ucapnya.

Fahri selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi menambahkan, bahwa juara ini menambah deretan keberhasilan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, yang beberapa waktu lalu meresmikan peralatan praktik Daihatsu dan Gedung Teaching Factory Samsung Institute.

“Keberadaan Boarding School SMK Mutu menjadi sarana dan tempat yang baik untuk menempa anak anak dalam belajar Al Quran”, terangnya. (yon/red)