Forum DPC PAN Kota Malang Ingin Kembalikan Kejayaan, Buntut Tak Puas Kinerja DPD

IST

BACAMALANG.COM – Dinilai pencapaian DPD PAN Kota Malang terus menurun, menjadkan Forum DPC PAN Kota Malang menginginkan perbaikan dan mengembalikan kejayaan PAN di Kota Malang.

“Sampai hari ini pencapaian DPD PAN Kota Malang sendiri terus menurun. Sehingga apa yang ingin kami capai dengan tidak ada conflict of interest,” ujar Koordinator Forum DPC PAN Kota Malang Amirul Mukminin, baru-baru ini.

Sekilas informasi, jelang Musyawarah Daerah ke V DPD PAN Kota Malang, yang akan terhelat pada Sabtu (13/2). Forum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PAN Kota Malang menggelar konsolidasi.

Dalam kesempatan itu, Forum DPC menyampaikan ketidakpuasan akan kinerja DPD PAN Kota Malang sejauh ini. Sehingga mereka ingin perbaikan PAN di Kota Malang.

Ketua dari Luar Anggota DPRD

Pihaknya mengusulkan salah satu kriteria untuk ketua yang baru yang cocok untuk mengembalikan kejayaan PAN di Kota Malang adalah dari luar pihak yang berkecimpung di DPRD Kota Malang. “Pertama yang Kami (usulkan) yang akan datang itu non dewan. Kenapa non dewan? Karena Kami sudah berpengalaman dengan ketua DPD dari dewan,” terangnya.

Dia berharap jika ketua dari non dewan maka tidak ada conflict of interest dengan kepentingan personal sebagai bagian dari DPRD.

Amirul juga mengkritik terkait pemilihan pengurus di DPD PAN yang pertimbangan keputusannya ditentukan oleh DPP PAN. “Karena pemilihan formatur yang menjadi kewenangan DPP itu menjadi ruang sempit bagi Kami,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya mendesak agar DPP PAN, bisa memilih Ketua DPD PAN  Kota Malang yang memiliki kejujuran, integritas, dan kredibilitas.

Konsolidasi Rendah

Ketua DPC PAN Lowokwaru itu juga menyoroti konsolidasi di DPD PAN Kota Malang yang begitu rendah, sehingga kaderisasi di DPD PAN Kota Malang seperti lenyap. “Ini yang sudah terjadi selama ini. Kami berharap tidak terjadi lagi di kemudian hari, bahwa potensi teman-teman di cabang, paling tidak memiliki semangat lebih, besar dan tidak bisa diabaikan,” tegasnya.

Amirul juga mengatakan bahwa dari 73 perwakilan anggota PAN Kota Malang yang memiliki suara sah, setidaknya 53 diantaranya telah menyampaikan dukungan kepada formatur yang bukan dari anggota DPRD Kota Malang. “Kami beberapa waktu yang lalu sudah menggagas untuk mengajukan beberapa pilihan calon ketua atau calon formatur, dan kami punya data otentik didukung oleh 53 yang memiliki suara,” tuturnya.

Dukungan dari 53 perwakilan anggota DPD PAN Kota Malang tersebut sudah diberikan kepada empat calon formatur yang diharapkan dapat menjadi pengurus DPD PAN Kota Malang. “Kita mengusulkan empat nama calon formatur yakni Dito Arief Nurakhmadi, Ferry Adha Adhianto, Ali Said dan Ipung Suranto,” jelasnya.

Sebaga informasi, keempat nama yang dicalonkan untuk menjadi calon formatur tersebut saat ini menjabat di kepengurusan DPD PAN Kota Malang.

Dito Arief Nurakhmadi sebagai Sekretaris Daerah, Ferry Adha Adhianto sebagai Bendahara Daerah, Ali Said sebagai Ketua DPC PAN Blimbing dan Ipung Suranto sebagai Wakil Ketua DPD PAN Kota Malang.

Sementara itu Dito Arief Nurakhmadi, Sekretaris DPD PAN Kota Malang mengapresiasi apa yang diupayakan oleh Forum DPC PAN Kota Malang. “Kami sangat apresiasi dengan permintaan teman-teman cabang dan ranting yang telah mendapuk Kami. Dimana Kami sendiri sudah mempunyai gagasan PAN Progresif. Ini bukan sekedar dukung mendukung, bukan hanya bicara nama, tapi bagaimana capaian yang terus menurun ini bisa kita bangkitkan lagi seperti PAN dulu,” tambahnya.

Setelah itu, Dito menegaskan, untuk saat ini Musda ke V partai PAN bukan hanya sekedar pergantian orang. “Kami sampaikan, yang terpenting harus ada kesamaan gagasan, ide dan visi. Maka cabang dan ranting mendapuk Kami untuk meningkatkan peran PAN untuk Kota Malang,” tutupnya. (*/had)