Virtual Meeting, AIPTINAKES Jatim-MAHSA University Malaysia Tindaklanjuti Sinergi

Foto: Virtual Meeting Aiptinakes dan Mahsa University Malaysia. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebagai upaya tindak lanjut kerjasama MoU dan MoA antara MAHSA University, Malaysia bersama Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Tenaga Kesehatan Jawa Timur (AIPTINAKES Jatim) mengadakan Virtual Meeting Jumat, 12 Februari 2021 yang bertepatan dengan perayaan Hari Tahun Baru Imlek tahun 2021.

Acara yang dipandu langsung oleh Puan Professor Zahrah Saad selaku Deputy International Relationship dari Mahsa University, Malaysia mengajak ikut serta Mitra Akademik Mahsa University Puan Maznah Mohd Isa beserta jajaran akademik lainnya dalam pertemuan ini.

Agenda pembahasan meliputi diskusi aktivitas pembelajaran akademik di tengah situasi pandemi saat ini, merencanakan saling bertukar pembicara bertajuk sharing sessions atau webinar online, mobilitas program serta join riset penelitian.

Maksimalkan Sharing

Sementara itu, Ketua penyelenggara kegiatan ini Tri Nurhudi Sasono ,M.Kep. yang sekaligus Wakil Ketua II Bidang Kerjasama AIPTINAKES Jatim ini melaporkan dalam kegiatan ini sebagai bentuk implementasi tindak lanjut kerjasama dari 27 Anggota AIPTINAKES se-Jawa Timur khususnya di bidang pendidikan tinggi kesehatan.

Pria yang juga Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STIKes Kepanjen ini menuturkan kerjasama ini diharapkan memberi manfaat besar untuk kemajuan bersama.

“Tugas Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi salah satunya adalah pendidikan diharapkan dengan adanya kerjasama dengan pihak Mahsa University ini bisa saling bertukar keilmuan, sharing pengalaman, saling bertukar pembicara webinar serta bisa join kolaborasi bersama dalam hal publikasi penelitian,” terang pria yang juga Ketua WPA Turen ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua AIPTINAKES Jatim Aries Wahyuningsih ,S.Kep.,M.Kes. menyampaikan di tengah situasi pandemi saat ini perlu terobosan dan inovasi. “Saya rasa tidak ada yang sulit dalam mengimplementasikan tindak lanjut kerjasama antara perguruan tinggi Indonesia dengan Malaysia ini,” terang Aries.

Bu Aries sapaan akrabnya yang sekaligus Dosen STIKes Baptis Kediri ini menegaskan pihaknya dan Mahsa bersama bisa memanfaatkan platform digital secara online untuk bersama saling kolaborasi guna meningkatkan mutu kualitas pendidikan tinggi secara bersama-sama.

Hal ini juga diamini oleh Pengawas AIPTINAKES Jatim dr. Aman Ardjito Endarso ,SKM. menambahkan pentingnya kolaborasi bersama ini, besar harapan pengawas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui AIPTINAKES Jatim ini “Semoga ke depannya eksistensi Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan ini dapat bermanfaat bagi para anggotanya khususnya dan bagi masyarakat Jawa Timur pada umumnya,” tegas dr Aman Ardito. (tri/had)