DPRD Sambut Baik Pemkot Malang Tunda Sejumlah Proyek, Dorong Alihkan Anggaran untuk Tangani Covid-19

Foto : Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika. (ist)

BACAMALANG.COM – DPRD Kota Malang menyambut baik upaya Pemkot Malang menunda sejumlah megaproyek dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami mewakili DPRD kota Malang menyambut dengan baik penundaan pembangunan fisik 5 megaproyek di kota Malang yang menelan biaya cukup besar,” ujar Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, Senin (13/4/2020).

Dikatakannya, keputusan itu setelah melakukan komunikasi dengan TAPD kota pada hari Minggu (12/3/2020). Pihak pemkot pun langsung menunda pembangunan proyek-proyek tersebut.

“Selanjutnya, dewan mendorong agar dana tersebut dapat dialihkan untuk penanganan Covid-19 terutama untuk mengantisipasi dampak sosial ekonomi,” pungkas Made

Dengan begitu, jelas Made, diharapkan mampu menenangkan masyarakat Kota Malang karena ada anggaran Rp 345 M yang tersedia untuk mengantisipasi dampak Covid-19.

“Selanjutnya dewan tetap akan mendorong agar pemkot lebih responsif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat yang terdampak. Karena dibutuhkan langkah yang cepat dan tepat sasaran agar gejolak dan keluhan masyarakat segera teratasi,” tuturnya.

Dewan juga mendorong agar penggratisan PDAM, retribusi pasar dan rusunawa segera direalisasikan agar manfaatnya segera dapat dirasakan masyarakat.

“DPRD menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan selalu mematuhi anjuran pemerintah agar mata rantai penyebaran Covid-19 ini segera dapat diatasi,” terang pria yang juga Ketua DPC PDIP Kota Malang ini.

Selain itu, Dewan mendorong agar Pemkot segera mendistribusikan bantuan langsung tunai yang sudah dinantikan masyarakat, dan terus melakukan pendataan lanjutan jika ada warga yang membutuhkan tapi masih belum terdata. (yog/had)