SMPN 1 Ngantang Beri Ketrampilan Siswa Seni Grafis

Foto : Ketrampilan seni grafis siswa SMPN 1 Ngantang. (ist)

BACAMALANG.COM – SMPN 1 Ngantang, memberikan ketrampilan seni design grafis kepada siswanya. Hal ini dilakukan agar kelak setelah lulus, mereka mempunyai ketrampilan tambahan saat terjun di masyarakat. 

Yogi Rahayu, Guru Seni di SMPN 1 Ngantang menjelaskan, karya seni grafis ini adalah dari  stensil print, bagian dari cetak sablon atau cetak tembus untuk materi kelas 9. Berkarya seni dengan membuat cetakan atau klise sederhana dari  kertas yang dilubangi dari media dengan  gambar atau tulisan yang sama.

“Ini pembelajaran kelas 9. Kompetensi dasar  grafis agar kelak siswa mempunyai skil tambahan,” tukasnya.

Selain itu, tujuannya pembelajaran seni ini agar siswa dapat berkreasi, berinovasi, dan mengasah kreativitas dibidang ini dan kelak bisa bermanfaat dalam kehidupannya setelah lulus .

Dalam kehidupan sehari – hari, memang sudah tidak asing lagi untuk dapat kita temui. Hasil pembelajaran ini, dapat dijadikan contoh di media seperti kaos sablon, plat dan stempel.

“Untuk praktik di kelas, anak- anak  praktik sederhana stensil print. Ini mata pelajaran seni dan budaya cabang seni rupa,” ungkapnya. 

Pembeljaaran ini, lanjut dia, belum finish melainkan masih proses. Targetnya, anak – anak mencetak klisenya pada 3 media sehingga istilah grafis bisa tercapai, satu klise dapat dicetak dalam jumlah banyak dengan bentuk yang sama.

Desing grafis ini juga merupakan salah satu cara atau wahana untuk menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain untuk mengerti bagaimana dan apa yang di di sampaikan oleh desainer. Proses penyampaian pesan berupa visual dapat berupa gambar bitmap dan juga video.

Desaign Grafin ini juga penting bagi kehidupan sehari untuk mengetahui perkembangan dunia digital dan juga dunia gambar. Design Grafis juga di manfaatkan untuk pembuatan sebuah sketsa bangunan, otomotif dan juga denah gografis. Berikut adalah manfaat Design Grafis .

Tujuanya design grafis di dunia pendidikan biasanya dalam penggunaan perangkat lunak ini diharapkan untuk membentuk objek siswa menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya dalam teori tapi sudah melihat bentuk dan simulasi. Bentuk mungkin termasuk penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, komposisi tubuh manusia, dan sebagainya. (Yon)