Ngopi Sehat Kuat di Tengah Pandemi, di Cafe Mantri Pakis

Foto: Suasana di Cafe Mantri. (Ist)

BACAMALANG.COM – Menjangkitnya pandemi Covid–19, menjadikan sendi kehidupan porak-poranda, dan untuk meningkatkan imunitas bisa mencoba ngopi sehat kuat di Cafe Mantri Pakis Kabupaten Malang.

“Konsep awal Mantri Cafe ini adalah Cafe yang Sehat, Hemat dan Semangat sesuai dengan filosofi kata Mantri atau perawat yang memberikan pelayanan kesehatan dengan secara optimal kepada pasiennya,” tandas owner Cafe Mantri , Tri Nurhudi Sasono, Senin (13/7/2020).

Pria yang juga dosen Stikes Kepanjen ini menuturkan, Mantri Cafe bisa dijadikan sebagai tempat inspiratif di tengah situasi Pandemi.

Kondisi pandemi Covid-19 semakin lama sangat mengkhawatirkan. Hal ini bisa dilihat semakin bertambahnya kasus Corona.

Dampak pandemi-pun sangat luar biasa terhadap perekonomian masyarakat. Situasi seperti ini juga sempat dirasakan oleh Mantri Cafe yang beralamatkan di Pakis Kembar Kecamatan Pakis.

Cafe yang didirikan pada bulan Juni tahun 2018 bertepatan dengan event Turnamen Sepak Bola Sejagat Piala Dunia 2018 di Rusia dengan Juara Dunia Tim Prancis kala itu.

Saat ini meskipun di tengah situasi pandemi Mantri Cafe terus berjuang dan semangat untuk terus bisa eksis dan optimal melayani para pelanggan setia.

Awal pandemi sempat libur dan tutup karena memang kondisi situasi tidak memungkinkan untuk tetap buka, akan tetapi manajemen Mantri Cafe mencoba untuk mengubah konsep dan patuh terhadap protokol kesehatan sehingga menjadi sebuah cafe yang nyaman bagi para penggemar kopi yang memang menjadi menu unggulan cafe ini.

Konsep awal Mantri Cafe ini adalah Cafe yang Sehat, Hemat dan Semangat.

Artinya pasien datang ke rumah sakit dengan banyak keluhan, begitu pulang setelah dirawat oleh Mantri menjadi sembuh dan produktif kembali.

Hal tersebut juga yang ditawarkan oleh Mantri Cafe, ketika pelanggan datang dengan kegalauannya ke Mantri Cafe dapat disembuhkan dengan biaya terjangkau dan hemat sehingga bisa semangat dan terus produktif menjalani kehidupan sehari-hari.

“Pengunjung yang datang dengan kegalauannya ke Mantri Cafe dapat disembuhkan dengan biaya terjangkau dan hemat sehingga bisa semangat dan terus produktif menjalani kehidupan sehari-hari,” tutur pria pengelola shelter WPA Turen ini.

Didirikan Dua Sahabat

Usaha yang dimiliki oleh Tri Nurhudi Sasono ini bekerjasama dengan pelaksana sehari-hari Mantri Cafe yakni Yudha Ricky Setiawan.

Kedua lelaki yang memang berprofesi sebagai Perawat membuat konsep cafe yang nyaman dan menyediakan minuman kopi berkualitas yang sehat, hemat dan menjadikan pelanggan bersemangat.

Tidak hanya menu kopi, menu lain yang menjadi idola para pelanggan adalah STMJ, Pisang Geprek, Rujak dan Nasi Goreng khas yang memang menjadi andalan di Cafe yang buka sejak pukul 9 pagi hingga 10 malam.

“Tujuan berdirinya kafe ini sebenarnya adalah sebagai sarana bagi remaja dan kawula muda belajar mencari inspirasi untuk terus kreatif dan inovatif baik saat mencari kerja, menggeluti dunia kerja atau bahkan menyelesaikan tugas dan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya,” kata Tri.

Tempat Inspiratif

Sementara itu, Ricky yang juga personel Band Slowkiss menambahkan, remaja menjadi inspirasi konsep cafe ini dikarenakan remaja adalah aset bangsa yang terpelajar, masih muda, tidak terikat oleh waktu, update terhadap perubahan zaman, memiliki pemikiran inovatif- kreatif sehingga banyak membuat cafe secara tidak langsung berkembang serta menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Hal ini diungkapkan beberapa Crew Mantri Cafe mengatakan bahwa tujuan utama bekerja di cafe adalah mencari pengalaman kerja dan mengisi waktu luang dengan menghasilkan karya kreatif.

Karena setiap minggu Mantri Cafe ini selalu ada kegiatan inspiratif, edukatif dan positif. Terakhir pada saat akhir pekan malam minggu ada penampilan Slowkiss Band, tidak hanya bernyanyi tapi juga berdiskusi tentang menyambut era new normal pandemi bersama pengunjung dan pelanggan Mantri Cafe.

“Harapannya dengan adanya Mantri Cafe ini Kita semua tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mendapatkan pengalaman-pengalaman positif. Sehingga Kita semua bisa memberi manfaat bagi keluarga maupun lingkungan masyarakat sekitar” tutup Andrei Kribo salah satu crew Cafe Mantri. (Had/Red)