Orientasi Siswa Baru, Ini Cara yang Dilakukan MTsN 6 Malang

Matsama yang dilaksanakan MTsN 6 Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN 6 Malang memiliki cara berbeda dalam melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah alias Matsama tahun ini.

Ada 3 kiat berbeda yang dijalankan oleh MTsN 6 Malang untuk memperkenalkan siswa baru pada lingkungan sekolah. Apalagi saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

“Matsama ini kan dulu istilahnya MOS (masa orientasi siswa, red). Sisi beda tahun ini adalah Matsama berbasis pedukuhan, ini belum pernah ada,” kata Kepala MTsN 6 Malang, Sutirjo, Senin (13/7/2020).

Matsama berbasis pedukuhan itu sendiri dilaksanakan di 3 tempat berbeda, menyesuaikan dengan kondisi siswa, keluarga hingga lingkungan. Sebagai informasi, pedukuhan atau dukuh, umumnya merupakan bagian dari wilayah administratif dibawah desa.

“Anak-anak ini kita jejak, kita identifikasi, kita klasifikasi, sehingga sesuai dengan kondisi kebutuhan mereka, keluarga mereka dan lingkungan masing-masing. Sehingga ditemukan 3 pedukuhan yang ditemukan dan dilakukan secara luring, selain daring,” ucapnya.

Selain Matsama berbasis pedukuhan itu, Sutirjo mengatakan, agar siswa baru cepat beradaptasi juga dikenalkan lewat media wayang krucil. Siswa baru itupun diajak untuk peduli sesama di tengah masa sulit ini.

“Anak-anak diberikan pembelajaran, kesadaran sosial, berbagi dan peduli melalui Bank Mini Beras kepada masyarakat terdampak Covid-19,” terangnya. (mid/yog)