Food Sharing, Sedekah Unik Saat Pandemi ala Tika dan Shella

Dian Ayu Antika Hapsari. (ist)

BACAMALANG.COM – Meski menyisakan cerita prihatin dan memilukan, namun geliat kebangkitan dan kepedulian kepada sesama terus bergulir seiring pandemi Covid 19 masih berjangkit.

Salah satu yang layak mendapat apresiasi adalah kiprah dua sahabat
Dian Ayu Antika Hapsari dan Shella Sabillah Alamri yang tergerak menjalankan aksi sedekah dinamai Food Sharing.

“Ide ini baru muncul 7 Agustus lalu. Kami dua perempuan dengan latar belakang pekerjaan berbeda dan saling mengenal di salah satu yayasan dakwah. Kami mikir masa hidup cuma dipakai kerja ngejar dunia. Akhirnya kepikiran membuat komunitas sedekah dengan fokus ke makanan,” tandas penggagas Food Sharing Dian Ayu Antika Hapsari, Kamis (13/8/2020).

Tika menjelaskan, Food Sharing adalah gerakan yang fokus pada berbagi makanan kepada anak jalanan, tuna wisma, orang tidak mampu serta anak yatim.

Food Sharing Program meliputi tiga program. Yakni Food Touring, berbagi makanan di setiap hari Jumat kepada para tuna wisma dan anak-anak jalanan di beberapa lokasi area Kota Malang.

Kedua, Food Visiting. Menyalurkan makanan dan bersilaturahim ke panti asuhan setiap bulan. Dan ketiga, Food Caring yakni konsultasi kesehatan untuk orang-orang kurang mampu setiap tiga bulan sekali.

“Donasi bisa berupa nasi kotak dan lauk serta air mineral atau berupa uang seikhlasnya. Jumat besok kegiatan perdana Kami di sekitar alun-alun Kota Malang,” tutur Tika.

Terkait akan bersinergi dengan pihak mana atau siapa saja, Tika menuturkan untuk sementara masih belum massif.

“Tapi sudah ada tawaran gabung dari salah satu komunitas di Malang Selatan. Cuma masih belum Kami bicarakan lagi,” terang perempuan mantan jurnalis ini.

Ia mengatakan, untuk Jumat besok tim yang bergerak hanya dirinya bersama Shella Sabillah Alamri saja.

“Inshallah Food Sharing perdana di sekitar alun-alun sampai Embong Arab. Kami berdua nanti menbawa 30 paket makanan,” ujar perempuan yang juga berprofesi sebagai MC ini.

Ia mengungkapkan, paket share yang dibagikan berupa nasi, lauk dan air mineral.

Tika menjelaskan, donasi yang sudah masuk berupa uang dan nasi. Jumlah donatur ada sebanyak lima orang.

“Kami terus menggalang donasi. Harapannya istiqomah tiap Minggu bisa jalan,” imbuh Tika.

Tika optimis meski masih merintis, namun ia yakin aksi sosial Food Sharing ini akan semakin besar dan diharapkan bisa bermanfaat bagi sesama.

Untuk saat ini Tika menjalankan Food Sharing bersama dengan Shella Sabillah Alamri alumnus Universitas Muhammadiyah Malang, yang kini menjadi guru Bahasa Inggris di salah satu lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan kursus dan pelatihan di Kota Malang.

“Saya optimis akan banyak pihak bergabung dalam aksi Food Sharing ini. Saya mohon doa semoga aksi sosial ini sukses,” terang Tika.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa ke rekening Bank BCA: 3312240774 a.n Shella Sabillah Alamri. Juga bisa ke Bank Jatim : 0606460147 a.n Dian Ayu Antika H

Info lebih lanjut dan konfirmasi donasi hubungi 082318387560. (had/zuk).