Mantan Ketua PC NU Mangkat, Nahdliyyin Berduka

Foto: KH. Bibit Suprapto. (ist)

BACAMALANG.COM – Jutaan Nahdliyyin Kabupaten Malang berduka seiring dengan kabar KH. Bibit Suprapto mantan Ketua PC NU Kabupaten Malang wafat karena sakit.

Diperoleh informasi, Kyai yang juga penulis buku tersebut, wafat sekitar pukul 20.00 WIB di RS di Kepanjen, Senin (12/10/2020).

Kepergian mendiang meninggalkan banyak kisah keteladanan yang patut dilestarikan oleh generasi muda dan utamanya Nahdliyyin.

Penulis Produktif

Pengasuh Ponpes Darussalam Kabupaten Malang, Gus Ahmad Faiz Wildan mengatakan, mendiang semasa hidup dikenal sebagai sosok penulis buku yang produktif.

“Beliau ini ahli sejarah, penulis produktif, hasanah dan keilmuannya luas,” tutur Gus Wildan panggilan akrab Ahmad Faiz Wildan.

Senang Blusukan dan Diskusi

Sementara itu, Ketua LPBI NU (Lembaga Penanggulangan Bencana & Perubahan Iklim NU) Rurid mengatakan, mendiang dikenal sebagai sosok yang suka silaturahim dan turba ke desa-desa.

“Beliau adalah yang mendirikan LPBI NU pertama kali dan saya diminta sebagai ketuanya,” tandas Rurid.

Terkait nilai kebaikan mendiang yang layak diwariskan ke generasi muda, Rurid mengatakan, KH Bibit semasa hidup enak diajak diskusi dan hobi keliling desa.

“Beliau itu enak diajak diskusi dengan anak muda. Biasanya saya sering datang malam dan pulang pagi untuk diskusi. Beliau juga senang diajak keliling turba ke desa-desa,” papar Rurid.

Produktif Menulis

Sekilas informasi, KH Bibit Suprapto yang lahir pada tahun 1954 ini, adalah penulis produktif banyak buku keIslaman dan profil kyai serta ulama se -Indonesia.

Beberapa buku yang terkenal adalah Ensiklopedi Ulama Nusantara : Riwayat Hidup, Karya, dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara, dan Nahdlatul Ulama : Fakta dan Kehidupan NU. Kedua buku ini telah juga dijual melalui situs belanja online buka lapak dan shopee. (had).