Antisipasi Covid-19, Ini yang Dilakukan Lapas Klas I Malang

Salah seorang pengunjung di Lapas Klas I Malang dicek suhu tubuhnya (ist)

BACAMALANG.COM – Makin merebaknya virus corona alias Covid-19 membuat masyarakat terus was-was. Berbagai langkah antisipatif pun diambil agar tidak terpapar virus mematikan ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang.

“Menindaklanjuti surat edaran Dirjen Pemasyarakatan, kami di Lapas Klas I Malang sudah melakukan pencegahan. Karena lapas ini kan tempat umum, masyarakat silih berganti datang berkunjung, warga binaan pun ada 3.100 lebih, sehingga langkah antisipasi pencegahan Covid-19 kita lakukan,” ujar Kepala Lapas Klas I Malang, Anak Agung Gede Krisna, Sabtu (14/3/2020).

Gede pun menambahkan, sistem layanan kunjungan Lapas Klas I Malang turut mengalami perubahan. Ada prosedur baru yang harus diperhatikan pengunjung terkait antisipasi Covid-19.

Setiap pengunjung Lapas Klas I Malang wajib cuci tangan (ist)

“Kita ubah sistem pelayanan kunjungan. Jadi seluruh pengunjung wajib cuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Sebelum pengambilan nomor antrian, para pengunjung dicek suhu tubuhnya. Kalau ditemukan pengunjung yang suhu tubuhnya 37,5 derajat keatas kami tidak beri izin untuk melaksanakan kunjungan,” jelasnya.

Selain itu, Lapas Klas I Malang juga membentuk tim kesehatan khusus untuk mendeteksi jika ada warga binaan ataupun pengunjung yang menunjukkan gejala-gejala Covid-19.

“Selain itu, kita pasang banner untuk edukasi pengunjung dan masyarakat terkait penularan Covid-19, dan bagaimana cara pencegahannya, agar tidak terjadi di lapas. Tim kesehatan sudah siap, kita bentuk tim khusus untuk pencegahan. Ini sudah berjalan. Mereka juga melakukan sosialisasi kepada warga binaan dan masyarakat pengunjung. Harapannya masyarakat yang berkunjung ke lapas bisa mematuhi ketentuan-ketentuan. Kami pun berharap warga binaan tetap nyaman tidak dihantui penyebaran Covid-19,” pungkas Gede. (mid/yog)