Forkompimda Kabupaten Malang Tinjau Check Point Sendangbiru dan Ampelgading

Forkompimda Kabupaten Malang saat meninjau posko check point mudik Sendangbiru (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkompimda Kabupaten Malang meninjau dua tempat check point mudik Coronavirus disease 2019 atau Covid-19, Selasa (14/4/2020).

Dua tempat tersebut berada di area dermaga Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Balai Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading. Peninjauan posko check point itu dilakukan oleh Bupati Malang, HM Sanusi; Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar; Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad; serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, H Kholiq.

Menurut Sanusi, dermaga Sendangbiru dipilih sebagai salah satu posko check point lantaran di kawasan tersebut terdapat banyak nelayan yang datang dari berbagai daerah untuk bersandar.

“Semua pintu masuk dari luar daerah, kita bikin check point, termasuk Sendangbiru ini. Di bandara kita ada check point, di pelabuhan kita ada check point, terus di perbatasan wilayah juga ada check point,” kata Sanusi.

Forkompimda Kabupaten Malang saat berada di dermaga Sendangbiru (Dhimas)

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menyatakan jika sejumlah nelayan dan kapal yang datang bersandar di Sendangbiru wajib mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan di check point tersebut.

“Karena pelabuhan Sendangbiru ini bukan hanya nelayan dari sini, tapi banyak pendatang juga. Contohnya dari Sinjai, Sulawesi Selatan, Selayar, Bulukumba dan lain sebagainya. Jadi setiap kapal yang masuk nanti pada saat turun nelayannya, akan dilakukan penyemprotan disinfektan kapalnya, kemudian nelayannya disemprot anti septik. Mereka harus masuk check point ini untuk diperiksa kesehatannya,” terangnya.

Selain diperiksa kesehatannya, para nelayan juga akan di data. “Kemudian dilakukan pendataan, seperti dari KTP, juga ada brosur kesehatannya gitu, untuk mengetahui kesehatannya dan riwayat perjalanannya nelayan ini sebelumnya,” tukas Hendri. (mid/yog)