PJT I Bongkar Karamba Jaring Apung Liar di Waduk Selorejo

Salah satu karamba jaring apung yang ada di Waduk Selorejo Ngantang (ist)

BACAMALANG.COM – Sejumlah karamba jaring apung liar yang ada di area Waduk Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dibongkar Perusahaan Umum Jasa Tirta atau PJT I.

Menurut Kepala Bagian Pengatur, Divisi Jasa Asa I Sub Divisi 1-2 Selorejo PJT I, Yulistiadi, pembongkaran karamba jaring apung ini sebagai bentuk keseriusan PJT I untuk menjaga ekosistem di Waduk Selorejo.

“Kami sangat serius untuk menjaga kelestarian waduk yang kami kelola,” kata Yulistiadi, Selasa (14/4/2020).

Yulistiadi menambahkan, pembongkaran karamba jaring apung tersebut juga menindaklanjuti hasil rapat koordinasi PJT I pada awal tahun ini.

“Saat itu kami melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terkait. Kami membahas persoalan pemanfaatan Waduk Selorejo, dan disepakati untuk tidak ada penggunaan karamba jaring apung, sekatan,” jelasnya.

Pihak PJT I sendiri berharap, dari pembongkaran karamba jaring apung liar itu bisa mengembalikan fungsi waduk seperti sediakala dan ekosistemnya tetap terjaga.

“Sebelum menertibkan, kami melakukan sosialisasi dan pendekatan pada masyarakat, baik pemancing, pencari ikan dengan menggunakan jala, ataupun pemilik karamba jaring apung,” Yulistiadi mengakhiri. (mid/yog)