Tanggulangi Terdampak Covid-19, Pemkot Malang Distribusikan BLT dan BPNTD di 5 Kecamatan

Foto : Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan bantuan dampak Covid-19. (ist)

BACAMALANG.COM – Warga terdampak Covid-19 di Kota Malang boleh sedikit tersenyum lega, karena hari ini Pemerintah Kota Malang mendistribusikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan BPNTD (Bantuan Pangan Non Tunai Daerah) serentak di 5 kecamatan, Selasa (14/4/2020).

“Hari ini Pemerintah Kota Malang mendistribusikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan BPNTD (Bantuan Pangan Non Tunai Daerah) serentak untuk 5 kecamatan,” tutur Walikota Malang, Sutiaji.

Seperti diketahui, secara simbolis Walikota Malang, Sutiaji menyerahkan buku tabungan BLT di Kantor Kecamatan Klojen dan Kantor Kecamatan Lowokwaru.

Didampingi Kadinsos P3AP2KB, Penny Indriani dan Camat setempat; Walikota Sutiaji menyampaikan bahwa dalam minggu ini seluruh masyarakat terdampak Covid-19 akan menerima bantuan tersebut.

“Hari ini yang sudah menerima buku tabungan juga sudah bisa mencairkan dana bantuannya sebesar 300 ribu rupiah untuk bulan April; dan bantuan ini akan secara otomatis di transfer sampai bulan juni mendatang” terang Sutiaji.

Sementara untuk penerima BPNTD, lanjut Sutiaji, hari ini akan menerima 20 kg beras untuk bulan Januari dan Februari 2020 atau senilai Rp 110 ribu tiap bulannya; dan terhitung sejak bulan April ini akan ada tambahan sebesar Rp 190 ribu yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pangan atau sembako.

“Secara teknis nanti yang Rp 190 ribu akan dirupakan dalam bentuk voucher yang dapat ditukarkan pada warung-warung yang telah ditunjuk,” ujar Sutiaji.

“Ke depan, masih ada lagi bantuan dari 4 OPD seperti dari Diskopindag buat para PKL; Dikbud buat para PKL di sekolah-sekolah; Disporapar untuk PKL yang di velodrome dan wisata tugu serta pegiat seni; dari Dinsos juga nanti akan ada tambahan lagi buat disabilitas; termasuk bagi para supir, ojol dan pengemudi online lainnya yang saat ini sedang kita data akan difasilitasi oleh Dishub” tandas Sutiaji.

Sementara itu, Penny Indriani menjelaskan bahwa jumlah penerima Bansos sebanyak 1.666 dan penerima BPNTD sebanyak 6.918.

“Penyerahan bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Kota Malang; sehingga masyarakat tetap dapat terpenuhi kebutuhan pangannya” kata Penny.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sutiaji dan rombongan juga meninjau langsung penyerahan BPNTD di e-warung yang berlokasi di E warung Bunda Mandiri Jaya Jalan Amprong 29 RT 04 RW 03 Kelurahan Bunulrejo; E Warung Kube Parseh Jaya Jalan Kecipir 13 B, RT 04 RW 03, Bumiayu; E Warung Tanjungrejo, Jl Putra Yudha. (hum/had)