Forkom BUMDes Kabupaten Malang Dikukuhkan

Pengukuhan pengurus Forkom BUMDes oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Kabupaten Malang resmi dikukuhkan.

Pengukuhan pengurus Forkom BUMDes dilaksanakan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (14/9/2020). Pengurus Forkom BUMDes dikukuhkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.

“Perkembangan BUMDes di Kabupaten Malang sangat menggembirakan, luar biasa. Ada 78 BUMDes yang sudah mandiri. Banyak juga BUMDes yang menjadi rujukan nasional. Salah satunya yang diunggah dalam YouTube pak Presiden Jokowi, BUMDes Pujon Kidul. Itu menjadi kebanggaan kita tersendiri. Diharapkan dengan adanya forum komunikasi ini, seluruh BUMDes di Kabupaten Malang bisa bersinergi,” kata Wahyu Hidayat.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Suwadji menilai, pembentukan forum ini sangat penting untuk mengembangkan BUMDes yang ada di Kabupaten Malang.

“Di Kabupaten Malang sudah kami bentuk dari 3 minggu lalu. Keberadaan ini sekali lagi sebagai wadah komunikasi dalam pengembangan, baik internal antar BUMDes ataupun lintas, baik pemerintah daerah, juga untuk komunikasi manakala ada kerjasama dengan pihak ketiga,” ucap Suwadji.

Mantan Camat Kepanjen menambahkan, adanya forum ini bisa dijadikan untuk saling bertukar pikiran antar BUMDes, agar tiap-tiap unit usaha yang dikelola bisa berkembang, bahkan menjadi maju dan mandiri.

“Ini wadahnya bagi pengelola BUMDes, untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pengelolanya, kemudian meningkatkan lembaganya, juga unit usahanya,” tutur Suwadji. (mid/yog)