Polisi Berhasil Ringkus Kawanan Pelaku Curanmor Lintas Kota

Foto: Konfrensi Pers ungkap tindak pidana curanmo, Senin, 14/12/2020. (ist)

BACAMALANG.COM – Dua orang pelaku pencurian sepeda motor dengan pemberatan berhasil diringkus Satreskrim Polresta Malang Kota, Senin (14/12/2020).

Kedua pelaku dengan inisial IM (31) salah satu warga Wonokromo Kota Surabaya yang juga pernah ditahan di lapas Medaeng terkait dengan perkara pencurian tahun 2015, serta ZI (41) salah satu warga Pasuruan.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Leonardus Simarmata menjelaskan, bahwa para pelaku melakukan pencurian dengan pemberatan yang semula berangkat bersama-sama dari tempat kost. Kemudian para tersangka saling berboncengan menuju kawasan Sukun.

Pelaku yang berjumlah empat orang memiliki tugas masing-masing. Dua orang sebagai pemantau lokasi, sedangkan dua pelaku lainnya berperan sebagai eksekutor segera melancarkan aksinya dengan cara melakukan perusakan bagian stang motor dengan kunci T.

“Setelah berhasil kemudian sepeda motor langsung dibawa ke luar kota Malang”, kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus.

Petugas yang mendapatkan laporan dari masyarakat terkait tindak pidana curanmor dengan pemberatan segera melakukan penyelidikan dan memburu para pelaku kejahatan.

Tak butuh waktu lama bagi Resmob Polresta Makota untuk meringkus para pelaku. Dua orang pelaku berhasil diamankan di dua tempat berbeda.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Satria, satu unit sepeda motor Vario, serta sebanyak enam kunci T, beserta dua buah mata kunci T.

Hingga saat ini pelaku yang berhasil diamankan masih mendekam di tahanan Mapolresta Malang kota guna penyidikan lebih lanjut.

Kapolresta menegaskan, bahwa kepada para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP jo 65 KUHP dengan ancaman kurungan 9 tahun penjara. (Lis/red)