Presiden Jokowi Tunjuk LSP Jadi Kapolri, Ketua MUI Jatim Apresiasi

Ketua MUI Jatim, KH Moh Hassan Mutawakkil (ist)

BACAMALANG.COM – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur, KH Moh Hassan Mutawakkil memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang bulan depan memasuki masa pensiun.

Kiai Mutawakkil bilang, Presiden Jokowi mengambil keputusan tersebut pasti didasari dengan segala pertimbangan yang matang.

“Saya menghormati pilihan Presiden soal calon Kapolri. Tentu Presiden sudah mempertimbangkan yang terbaik. Apalagi kenaikan jabatan Polri ini sudah ada mekanisme dan ketentuannya,” kata Kiai Mutawakkil, Jumat (15/1/2021).

Kiai kelahiran Genggong Probolinggo pun berharap, dibawah kepemimpinan Listyo nanti, Polri bisa jauh lebih profesional. Kiai Mutawakkil mengatakan, Polri akan lebih baik dibawah komando Listyo mengingat rekam jejak jenderal bintang tiga yang apik.

Perkara terakhir yang ditangani Listyo, yang saat ini menjabat Kabareskrim adalah penangkapan terpidana kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Candra. Perkara ini begitu menyita perhatian publik.

Bareskrim dibawah komando Listyo juga berhasil mengungkap kasus-kasus besar lain. Seperti pengungkapan kasus penyerangan terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Selain itu, ada pula kasus dugaan korupsi kondesat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama. Bareskrim telah melimpahkan kasus ke tahap dua bersama tersangka dan barang bukti. Kejaksaan Agung pun sudah menyatakan P21. Kasus ini sendiri sempat berhenti sejak tahun 2015 lalu. (mid/yog)