Peringati Dies Natalis ke-50, FEB UWG Hadirkan Ganjar Pranowo dalam Zoom Meeting

Foto: Ganjar Pranowo berpartisipasi dalam Webinar Universitas Widya Gama Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Memperingati Dies Natalis Universitas Widyagama Malang yang ke-50, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengadakan Festival Ekonomi dan Bisnis. Salah satu kegiatan berupa Webinar Nasional oleh Himpuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi.

Webinar Nasional dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung melalui Youtube di channel FEB UWG MALANG, mengingat kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara offline.

Menariknya, secara istimewa dalam kegiatan ini turut dihadirkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam Zoom Meeting. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. menyampaikan bahwa pada saat pandemi seperti sekarang ini, Kita harus tetap mengikuti pasar bisnis, karena mau tidak mau pasar bisnis akan selalu mengalami perubahan.

“Dengan adanya pandemi maka semua kegiatan lebih banyak dilakukan via daring. Masalah keefektifan kondisi daring itu bukan menjadi sebuah masalah, akan tetapi itu merupakan suatu tantangan,” tandas Ganjar Pranowo.

Ribuan Peserta se-Indonesia

Webinar Nasional yang dilaksanakan Sabtu, 13 Februari 2021 mulai pukul 08.45 WIB hingga selesai diikuti 3000 peserta yang mendaftar yakni dari berbagai daerah semisal Aceh, Maluku, Kalimantan dan lainnya.

Webinar kali ini mengusung tema “Regional Economic Outlook For 2021”. Sesuai dengan tema dan dalam situasi Pandemi Covid-19, Peranan perekonomian pemerintah dalam melaksanakan rencana-rencana pembangunan dengan kebijakan-kebijakan yang akan diambil pada tahun 2021 sangat diperlukan.

Oleh karena itu pengisi materi atau narasumber yang mengisi acara Webinar Nasional adalah pakar-pakar hebat dan akademisi yang luar biasa. Adapun pengisi materinya adalah Prof. Ahmad Erani Yustika, SE M.Sc., PhD selaku Dosen Ilmu Ekonomi FEB UB, Dr. Azka Subhan Aminurridho selaku Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malang, Mayor Arh H. Yoyok Riyo Sudibyo sebagai pengusaha, dan H. Ganjar Pranowo, SH., M.I.P Gubernur Jawa Tengah.

Rektor Universitas Widyagama Malang Dr. Agus Tugas Sudjianto ST., MT membuka acara dan menyampaikan pentingnya mengikuti webinar nasional ini untuk menambah pengetahuan dan relasi tentunya.

Dalam acara inti diisi penyampaian Materi oleh Pemateri Pertama Prof. Ahmad Erani Yustika, SE., M.Sc., PhD seorang Dosen Ilmu Ekonomi FEB Universitas Brawijaya. Ahmad Erani Yustika menyampaikan materi mengenai pembangunan ekonomi daerah. “Tantangan utama pembangunan ekonomi nasional saat ini adalah mengatasi pandemi melalui penguatan kinerja perekonomian daerah,” tandas Ahmad Erani Yustika.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pemateri kedua adalah Kepala Bank Indonesia Cabang Malang Dr. Azka Subhan Aminurridho. “Pertumbuhan ekonomi domestik diperkirakan meningkat pada tahun 2021, dengan prasyarat vaksinasi dan disiplin dalam penerapan protokol Covid-19 dan didukung oleh 5 strategi kebijakan.

Kebijakan tersebut antara lain pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran), peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran, stimulus moneter dan kebijakan makro prodensial, digitaliasi ekonomi dan keuangan khususnya UMKM.

Dalam bidang ekonomi, kinerja ekonomi menurun tajam diantaranya: konsumsi terganggu, investasi terhambat, ekspor-impor melemah. Untuk mengatasi hal tersebut, peran Bank Indonesia ke depan adalah yang pertama mendukung Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo ke arah keseimbangan Normal (mendorong pertumbuhan ekonomi dengan inflasi yang rendah) melalui: mendorong investasi masuk melalui kerjasama dengan berbagai institusi, penguatan TPID dan perdagangan antar daerah, serta pengembangan klaster komoditas strategis.

E-commerce Marak

Sementara itu, Mayor Arh H. Yoyok Riyo Sudibyo sebagai seorang pengusaha turut memberikan paparan materi. “Sebelum pandemi memang sudah ada perubahan arus ekonomi yang sudah besar di dunia. Apalagi ekonomi yang memanfaatkan teknologi sedang gencar-gencarnya di Indonesia sebagai contoh banyak bermunculan e-commerce antara lain : Shopee, Lazada, Blibli, dan lainnya. Semua aspek kehidupan pada saat ini dapat dipermudah dengan adanya teknologi,” tutur Mayor Arh H. Yoyok Riyo Sudibyo.

Harapan dari adanya webinar ini adalah dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta terutama dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Situasi yang masih belum tahu kapan akan berkahir ini menuntut para pelaku dunia bisnis dan para pelaku ekonomi berputar roda untuk bertahan.

Bagi yang ingin mengetahui seutuhnya jalannya diskusi daring Regional Economic Outlook For 2021 bisa mengunjungi link Youtube di https://youtu.be/jPRw4JNQ9lA. (tik/had)