Tekuni Usaha Yoghurt, Iva Raup Jutaan Rupiah Saat Pandemi

Foto: Iva Sisca membawa produk Yoghurt. (ist)

BACAMALANG.COM – Ragam kisah inspiratif saat pandemi terus bermunculan seiring berjalannya sang waktu. Berawal dari coba-coba alias iseng-iseng, kini usaha Yoghurt olahan yang dijalankan Iva Sisca warga Kecamatan Pujon Kabupaten Malang ini semakin berkembang dan maju.

“Dulu saya awalnya iseng-iseng saja. Karena saya suka makan Yogurt. Dalam pikiran saya, saya bisa kurus bila rutin mengkonsumsi Yogurt dan harapannya Yogurt tidak menjadi suatu yang asing bagi masyarakat menengah ke bawah serta anak-anak,” tegas Iva Sisca, Minggu (14/2/2021) memulai bercerita.

Iva menuturkan, dari situlah ia mencoba membuat olahan Yoghurt. “Disitulah tercetus iseng-iseng buat Yoghurt sendiri. Lalu awal produksi saya bagi-bagikan ke sanak saudara dan teman-teman. Disitulah bermunculan komentar tentang rasa dan disarankan untuk dipasarkan,” tegas Iva Sisca.

Ditanya sejak kapan usaha Yoghurt, ia menjawab baru dimulai pada bulan Juni 2020. “Saya sudah memikirkan matang-matang untuk meninggalkan status karyawan di suatu perusahaan air susu ( koperasi susu ) dan memutuskan untuk membangun sebuah bisnis. Karena pedoman saya sekecil apapun bisnis yang Kita tekuni Kitalah bosnya, maju tidaknya sebuah usaha tergantung pada diri sendiri,” papar Iva.

Modal awal yang ia keluarkan tidak banyak hanya sekitar Rp 1 juta. Yoghurt dijual sementara hanya di toko-toko pedesaan. Itu untuk kemasan kecil atau Yoghurt lilin. ” Kalau yang kemasan besar botol 250 ml hanya di tempat-tempat wisata saja. Alhamdulillah kini omset bisa sampai Rp 7 juta per bulan. Untuk harga termurah Rp 1000, dan kemasan besar harga Rp 8 ribu,” urai Iva.

Pandemi dan Cuaca Ekstrim

Ia mengatakan, selama pandemi ini omset sedikit menurun karena sekolah-sekolah tutup semua. Ditambah dengan adanya cuaca ekstrim produksi sedikit berkurang.

Ia ingin turut memberdayakan orang lain dengan share ilmu dan mengajak mereka berusaha. “Iya sebisa mungkin saya berusaha untuk bisa memberdayakan orang, dengan senang hati saya akan share ilmu dan mengajaknya untuk berwirausaha,” imbuh Iva.

Rencana ke depan ia ingin membuka Kafe. “Harapan ke depannya ingin membuka cafe dengan bermacam olahan dari susu tidak hanya Yoghurt, bahkan ingin dikembangkan dengan berbagai macam olahan, seperti es cream, permen susu, keju dan lainnya,” ungkap menutup wawancara.

Sehari-harinya Iva membuka usaha dengan brand bernama Yumoo Yoghurt
di Maron Pujon Lor RT 20 RW 09 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
Facebook : iva cisca, Instagram : @ivasiska, Instagram : @yumooyoghurt. (had)